TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA (J&T EXPRESS) TERHADAP KERUSAKAN, KETERLAMBATAN DAN HILANGNYA BARANG KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN JASA PENGIRIMAN LOGISTIK DI KOTA BENGKULU

VITA, SEPTIRIANI and Slamet, Muljono and Rahma, Fitri (2022) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA (J&T EXPRESS) TERHADAP KERUSAKAN, KETERLAMBATAN DAN HILANGNYA BARANG KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN JASA PENGIRIMAN LOGISTIK DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_VITA SEPTIRIANI_B1A017086.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

J&T Express merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa pengiriman barang di Kota Bengkulu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis tanggung jawab pelaku usaha (J&T Express) terhadap kerusakan, keterlambatan dan hilangnya barang konsumen dalam penggunaan jasa pengiriman di Kota Bengkulu. Dan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan ganti rugi yang dilakukan oleh pelaku usaha (J&T Express) di Kota Bengkulu terhadap kerusakan, keterlambatan dan hilangnya barang konsumen. Metode penelitian yaitu penelitian hukum empiris. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif. Data dan sumber data yaitu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yaitu wawancara. Hasil penelititan (1) terdapat bentuk tanggung jawab dari J&T Express yaitu untuk kerusakan dan kehilangan pemberian ganti ruginya jika konsumen telah mengasuransikan maka akan diganti sesuai dengan nominal barang yang dikirimkan, maksimal Rp. 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah). Tetapi jika konsumen tidak menggunakan asuransi, maka akan dibayarkan 10 kali dari biaya pengiriman paket, maksimal Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah). Sedangkan untuk keterlambatan diberikan pemberian ganti rugi sebesar Rp. 50.000 (Lima Puluh Ribu Rupiah). (2) Dalam pelaksanaan ganti rugi J&T Express memiliki beberapa prosedur untuk pengajuan klaim dengan melengkapi formulir klaim barang yang telah diasuransi atau tidak diasuransi, kartu identitas pengirim, resi nomor pengiriman, foto barang, dan surat keterangan kehilangan barang. Kata kunci : Tanggung Jawab - Pelaku Usaha - Jasa Pengiriman

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:57
Last Modified: 03 Oct 2023 03:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16566

Actions (login required)

View Item View Item