PENGEMBANGAN E-BIOMAGZ BERDASARKAN KEANEKARAGAMAN JAMUR MAKROSKOPIS DI DESA PADANG PELAWI SEBAGAI SUPLEMEN SUMBER BELAJAR MATERI FUNGI KELAS X IPA SMA/MA

SARI, PUTRI INDAH and Alexon, Alexon and Abdul, Rahman (2022) PENGEMBANGAN E-BIOMAGZ BERDASARKAN KEANEKARAGAMAN JAMUR MAKROSKOPIS DI DESA PADANG PELAWI SEBAGAI SUPLEMEN SUMBER BELAJAR MATERI FUNGI KELAS X IPA SMA/MA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PUTRI INDAH SARI_A1D018032_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Abstark. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap e-Bimagz berdasarkan keanekargaman Jamur Makroskopis di Desa Padang Pelawi sebagai sumber belajar materi Fungi kelas X IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Tahapan penelitian pengembangan ini meliputi 1) Tahap analisis, 2) perancangan, dan 3) pengembangan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif berdasarkan data hasil validasi dan uji respon peserta didik. Hasil uji validitas menunjukkan kelayakan sumber belajar berdasarkan aspek bahasa mendapatkan rata-rata nilai presentase sebesar 96,25% sehingga sangat layak. Pada aspek materi mendapatkan nilai presentase sebesar 83,75% sehingga sangat layak. Serta aspek media mendapat presentase sebesar 87,5% sehingga sangat layak. Hasil uji respon yang dilakukan terhadap 15 siswa SMA kelas 10 IPA mendapatkan nilai presentase sebesar 100% sehingga e-Biomagz yang dikembangkan sangat layak digunakan. Kata kunci: e-Biomagz, Jamur Makroskopis, Sumber Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:59
Last Modified: 03 Oct 2023 03:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16567

Actions (login required)

View Item View Item