KONVERSI CITRA KARTU NAMA KE TEKS MENGGUNAKAN TEKNIK OPTICAL CHARACTER RECOGNITION (OCR) DAN JARO-WINKLER DISTANCE: IMPLEMENTASI PADA SMARTPHONE

ZULHIDA PUTRI, DEWINTA and Diyah, Puspitaningrum and yudi, Setiawan (2017) KONVERSI CITRA KARTU NAMA KE TEKS MENGGUNAKAN TEKNIK OPTICAL CHARACTER RECOGNITION (OCR) DAN JARO-WINKLER DISTANCE: IMPLEMENTASI PADA SMARTPHONE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Abstrak. Kartu nama memiliki data yang dapat disimpan ke dalam database kontak smartphone, seperti nama, jabatan, instansi, nomor ponsel, nomor telepon, nomor fax, alamat pertama, alamat kedua dan e-mail. Penelitian ini akan membuat aplikasi yang dapat memindahkan data kartu nama dari foto ke database kontak smartphone dengan konversi citra kartu nama ke teks dengan melakukan ekstraksi teks dan pengelompokan data. Algoritma yang digunakan untuk ekstraksi teks adalah Optical Character Recognition (OCR). Teks yang sudah diekstraksi kemudian akan dikelompokan menggunakan algoritma Jaro-Winkler Distance. Pengujian sistem yang dilakukan dengan menggunakan data kartu nama yang beralamat di Provinsi Bengkulu sebanyak 50 buah dengan berbagai jenis tulisan dan background. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model Waterfall dan Data Flow Diagram sebagai perancangan sistem. Hasil akhir dari sistem adalah data kontak yang tersimpan di database smartphone. Hasil uji coba sistem yang dilakukan didapatkan nilai akurasi rata-rata dari lima kali percobaan adalah 76% untuk data nama, 74% untuk data jabatan, 56% untuk data instansi, 82% untuk data nomor ponsel, 86% untuk data nomor telepon, 78% untuk data alamat, dan 88% untuk data e-mail.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Mar 2018 02:15
Last Modified: 29 Mar 2018 02:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16569

Actions (login required)

View Item View Item