IMPLEMENTASI FUZZY INFERENCE SYSTEM DENGAN METODE TAKAGI-SUGENO UNTUK PERAMALAN CUACA SEBAGAI REKOMENDASI PELAYARAN KAPAL LAUT DAN KAPAL NELAYAN DIPELABUHAN PULAU BAAI

SEPTIANDA, FERDI and Rusdi, Efendi and Endina, Putri Purwandari (2017) IMPLEMENTASI FUZZY INFERENCE SYSTEM DENGAN METODE TAKAGI-SUGENO UNTUK PERAMALAN CUACA SEBAGAI REKOMENDASI PELAYARAN KAPAL LAUT DAN KAPAL NELAYAN DIPELABUHAN PULAU BAAI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Ferdi Septianda_G1A010052.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Cuaca adalah perilaku yang terjadi pada atmosfer yang berhubungan dengan Suhu, Tekanan Udara, Angin, Awan, Kelembaban Udara, dll. Di Provinsi Bengkulu, fenomena cuaca ekstrim dan anomali cuaca sering terjadi sejak beberapa tahun terakhir dan berdampak pada jadwal pelayaran terhadap kapal laut dan kapal nelayan. Dampak dari kejadian tersebut, dibutuhkan suatu strategi berupa peramalan cuaca guna mendapatkan informasi perubahan cuaca di masa yang akan datang. Logika Fuzzy Inference System dapat digunakan sebagai kecerdasan buatan yang pada dasarnya dapat melakukan penalaran seperti manusia dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu peramalan. Metode TakagiSugeno dipilih sebagai logika fuzzy karena lebih efisien secara komputasional, linearitas, dan dapat menghasilkan keluaran data yang sifatnya berubah secara kontinu. Bahasa pemrograman Matlab digunakan karena dapat mengintegrasikan komputasi, visualisasi, dan pemrograman dalam suatu model. Dengan menerapkan metode Takagi-Sugeno sebagai logika fuzzy dan bahasa pemrograman Matlab, dihasilkan aplikasi yang dapat digunakan untuk peramalan cuaca pada bidang pelayaran di Pelabuhan Pulau Baai. Pengujian sistem menggunakan whitebox dan blackbox testing serta diukur dengan uji kelayakan sistem dengan tingkat akurasi 74,72%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Mar 2018 02:20
Last Modified: 29 Mar 2018 02:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16570

Actions (login required)

View Item View Item