SISTEM KATALOG PERPUSTAKAAN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN ROCCHIO RELEVANCE FEEDBACK UNTUK PENARIKAN RELEVANSI DOKUMEN

MAS’ UD, IBNU and Ernawati, Ernawati and Rusdi, Efendi (2017) SISTEM KATALOG PERPUSTAKAAN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN ROCCHIO RELEVANCE FEEDBACK UNTUK PENARIKAN RELEVANSI DOKUMEN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Ibnu Mas'Ud G1A010047.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pencarian judul buku pada Perpustakaan Universitas Bengkulu telah menggunakan online public access catalogue (OPAC) yang berbasis website. Tujuan penelitian ini yaitu mengimplementasikan metode rocchio relevance feedback untuk memberikan rekomendasi bahan pustaka yang relevan dengan keinginan pengguna berdasarkan input keyword dari user. Metode rocchio relevance adalah metode yang bertujuan untuk memberikan temuan dokumen yang relevan berdasarkan dengan keyword yang dimasukkan oleh user. Pada tahap tokenizing, terjadi pemprosesan sebuah keyword dari user menjadi unit kecil yang disebut token. Pada tahap filtering, mengambil kata-kata penting dari hasil tokenizing, pada proses ini kata-kata yang tidak deskriptif akan dibuang. Pada tahap stemming, mencari akar kata dari tiap kata hasil filtering dengan cara menghilangkan imbuhannya. Pada tahap term weighting, akan dihitung nilai bobotnya untuk mengetahui ketersediaan bahan pustaka tersebut. Sistem penelusuran katalog perpustakaan menggunakan metode rocchio relevance feedback dapat mempermudah pencarian bahan pustaka dengan cara menampilkan hasil yang memiliki nilai kemiripan paling tinggi diantara dokumen yang ada sesuai dengan keyword yang dimasukkan. Dalam pengujiannya dilakukan 8 percobaan pencarian dokumen dengan hasil nilai ratarata recall 1,0000 dan nilai rata-rata precision 1,0000.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Mar 2018 02:36
Last Modified: 29 Mar 2018 02:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16573

Actions (login required)

View Item View Item