ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI KARET (Studi Kasus : Di Desa Benteng Harapan Kecamatan Maje Kabupaten Kaur)

Parda, Oka Aulina and Sriyota, Sriyota and Ellys, Yuliarti (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI KARET (Studi Kasus : Di Desa Benteng Harapan Kecamatan Maje Kabupaten Kaur). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skrpsi oka bismillah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Karet merupakan salah satu komoditas perkebunan dengan nilai ekonomis tinggi. Oleh karena itu, tidak salah jika banyak yang beranggapan bahwa tanaman karet adalah salah satu kekayaan Indonesia. Komoditi karet memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan di Provinsi Bengkulu. Perkebunan karet berperan penting dalam pembangunan pertanian di Provinsi Bengkulu, terutama sebagai penghasil devisa, penyerapan tenaga kerja lokal, sumber pendapatan masyarakat dan kontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan rumah tangga petani karet, menganalisis pengeluaran rumah tangga petani karet dan menganalisis faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi pendapatan rumah tangga petani karet di Desa Benteng Harapan Kecamatan Maje Kabupaten Kaur. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2019. Metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Sampel penelitian sebanyak 55 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerimaan rumah tangga petani sebesar Rp.6,026,650/bulan, yang berasal dari sektor pertanian (usahatani karet, tanaman pangan (padi sawah), perternakan) dan non pertanian (pekerjaan sampingan, pendapatan anggota keluarga, dan pendapatan bukan upah/kiriman anak). Pengeluaran rumah tangga sebesar Rp.5,084,291/bulan, yang terdiri dari pengeluaran pertanian (usahatani karet, tanaman pangan (padi sawah), perternakan) dan non pertanian (pertanian (pekerjaan sampingan, pendapatan anggota keluarga, pangan dan non pangan) dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan rumah tangga petani karet adalah harga karet, pengalaman usahatani karet, dan pekerjaan sampingan. Kata kunci: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Rumah Tangga Petani Karet.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:39
Last Modified: 03 Oct 2023 04:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16577

Actions (login required)

View Item View Item