IMPLEMENTASI METODE CASE BASED REASONING (CBR) DALAM MENENTUKAN KLASIFIKASI ANAK YANG MENGALAMI RETERDASI MENTAL (STUDI KASUS SLB YAYASAN DHARMA WANITA BENGKULU)

AMALIAH, NUR and Asahar, Johar and I Wayan, Dharmayana (2017) IMPLEMENTASI METODE CASE BASED REASONING (CBR) DALAM MENENTUKAN KLASIFIKASI ANAK YANG MENGALAMI RETERDASI MENTAL (STUDI KASUS SLB YAYASAN DHARMA WANITA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI NUR AMALIAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan terhadap siswa berkebutuhan pendidikan anak luar biasa atau penyandang cacat, terus diupayakan dengan penanganan yang seksama. Masalah siswa reterdasi mental termasuk dalam bidang pendidikan luar biasa. Retardasi mental adalah penurunan fungsi intelektual yang menyeluruh secara bermakna dan secara langsung menyebabkan gangguan adaptasi sosial, dan bermanifestasi selama masa perkembangan. Klasifikasi reterdasi mental adalah ringan, moderat, berat dan sangat berat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pakar dengan bahasa pemrograman java pada android studio untuk diagnose anak yang mengalami reterdasi mental. Data yang digunakan diambil dari SLB Yayasan Dharma wanita Bengkulu. Metode yang digunakan untuk menentukan kasus dan menghitung hasil diagnosis adalah metode Case Based Reasoning, Naïve Bayes dan Simple Matching Coefficient. Hasil analisis dan pengujian menunjukkan bahwa ditinjau dari segi akurasi diagnosis mampu menghasilkan diagnosis yang akurat. Berdasarkan hasil uji kelayakan sistem yang dilakukan menggunakan kuesioner diperoleh baik dengan persentase variable tampilan 48,75%, variable kemudahan penggunaan 53,33%, variabel kinerja sistem 46,67%, dan variable isi 51,67%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:13
Last Modified: 29 Mar 2018 03:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16577

Actions (login required)

View Item View Item