TANGGUNG JAWAB AHLI WARIS TERHADAP KREDIT PEWARIS YANG MENINGGAL DUNIA (STUDI PADA BANK BRI KANTOR CABANG KABUPATEN BENGKULU SELATAN)

Wella, Noprisa Asari and Hamdani, Maakir and Rahma, Fitri (2022) TANGGUNG JAWAB AHLI WARIS TERHADAP KREDIT PEWARIS YANG MENINGGAL DUNIA (STUDI PADA BANK BRI KANTOR CABANG KABUPATEN BENGKULU SELATAN). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
PDF Skripsi_Wella Noprisa Asari (B1A018055).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Setiap ahli waris harus memikul pembayaran utang-utang pewaris sebagaimana telah diatur dalam Pasal 1100 KUHPerdata. Namun, pada BRI Cabang Kabupaten Bengkulu Selatan tidak semua ahli waris harus bertanggung jawab untuk melunasi sisa kredit pewaris. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai tanggung jawab ahli waris terhadap kredit pewaris yang meninggal dunia, serta akibat hukum apabila ahli waris tidak sanggup melanjutkan kredit pewaris. Untuk menganalisis hal tersebut dilakukan penelitian hukum empiris untuk mengambil data dengan cara turun langsung ke lapangan yang diperoleh langsung dari Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kabupaten Bengkulu Selatan dan ahli waris debitur dengan menggunakan teknik observasi/pengamatan dan teknik wawancara. Hasil penelitian di lapangan diperoleh bahwa ahli waris bertanggung jawab melunasi pembayaran sisa angsuran serta bunga kredit apabila jenis pinjaman yang diambil merupakan pinjaman sektor usaha, sedangkan untuk pinjaman consumer/pegawai, ahli waris dibebaskan dari pembayaran karena pinjaman telah dicover asuransi jiwa yang pelunasannya ditanggung oleh lembaga penjamin. Adapun akibat hukum bagi ahli waris yang tidak sanggup melanjutkan sisa kredit pewaris sehingga menyebabkan kredit menjadi macet, maka berakibat dilakukannya penyitaan jaminan dan blacklist lokal oleh bank. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Ahli Waris, Kredit Bank

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:45
Last Modified: 03 Oct 2023 04:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16578

Actions (login required)

View Item View Item