ANALISIS PENYELENGGARAAN SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKANPROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASARNEGERI DI DINAS PENDIDIKAN NASIONAL KECAMATAN CURUP KOTA KABUPATEN REJANG LEBONG

Tandean , Riko and Loesida, Roeliana and Kahar , Hakim (2012) ANALISIS PENYELENGGARAAN SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKANPROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASARNEGERI DI DINAS PENDIDIKAN NASIONAL KECAMATAN CURUP KOTA KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Skripsi Riko Tandean-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Skripsiiniberjudul “AnalisisPenyelenggaraan Sertifikasi dalam Menigkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri di Dinas Pendidikan Nasional Kecamatan Curup Kota Kabupaten Rejang Lebong”. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenyelenggaraan sertifikasi yaitu Formasi, Pembentukan Tim, Penjaringan dan evaluasi. Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru dan dosen, tujuan dari sertifikasi yaitu untuk meningkatkan mutu guru dan mutu pendidikan serta menigkatkan kesejahteraan guru. Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkualitatif, dalampengumpulan data yang diperlukandilakukandenganteknikwawancara, observasidandokumentasi.Teknikanalisa data yang digunakanadalahteknikanalisakualitatifdenganmetodedeskriptif.Pengambilansample yang digunakanyaitumenggunakanteknik purposive sampling.Informan berjumlah 3 orang dan responden 13 orang. Sasarandalampenelitianiniadalah guru Sekolah Dasar yang telah disertifikasi dan penyelenggara sertifikasi di Diknas Kabupaten Rejang Lebong. Penyelenggaraan sertifikasi yang dilakukan dimulai dengan aspek penelitian Formasi, Pembentukan Tim sertifikasi, Penjaringan dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai kuota dikabupaten Rejang Lebong ditentukan oleh Diknas Provinsi sesuai dengan kebutuhan dan jumlah guru yang ada di kabupaten Rejang Lebong sedangkan untuk daftar urut peserta dan persyaratan ditentukan oleh pusat secara nasional. Kemudian aspek pembentukan tim sertifikasi dilakukan oleh Diknas Kabupaten yang membentuk tim satker sertifikasi kemudian tim asesor yang dibentuk oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), LPTK merupakan perguruan tinggi didaerah masing-masing yang ditunjuk. aspek selanjutnya yaitu penjaringan didalam penjaringan sertifikasi dibagi menjadi 5 yaitu seleksi administrasi, uji kompetensi awal (UKA), Diklat PendidikandanLatihanProfesi Guru (PLPG) dan uji kompetensi PLPG, Ujian ulang 1 dan 2. Alokasi waktu dan penjadwalan semua tahapan sekitar 8 bulan. aspek terakhir yaitu evaluasi yang berisi pengumuman kelulusan sertifikasi serta evaluasi beban kerja, pada evaluasi tidak ada transparansi mengenai kriteria kelulusan dan belum adanya pengawasan secara langsung dari Diknas Kabupaten setempat terhadap beban kerja yang diberikan oleh guru yang telah lulus

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 19 Nov 2013 05:42
Last Modified: 19 Nov 2013 05:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item