PENERAPAN METODE HAAR-LIKE FEATURE DAN BACKPROPAGATION UNTUK PENGENALAN ISYARAT TANGAN PADA SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA

TIMOTY ANGGRAENY, RETNO and Diyah, Puspitaningrum and Boko, Susilo (2017) PENERAPAN METODE HAAR-LIKE FEATURE DAN BACKPROPAGATION UNTUK PENGENALAN ISYARAT TANGAN PADA SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Retno Timoty Anggraeny_G1A011057_Teknik Informatika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu aplikasi yang berguna dalam mengenali isyarat tangan berupa citra digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Haar-like Feature dan Backpropagation. Metode Haar-like Feature digunakan untuk pengambilan fitur sedangkan metode Backpropagation digunakan untuk mengenali isyarat tangan dari citra masukan. Citra yang digunakan dalam penelitian ini adalah citra isyarat tangan yang terdiri dari tangan anak-anak, remaja dan dewasa. Aplikasi pengenalan isyarat tangan ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemprograman MatLab R2013b. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model waterfall dan data flow diagram (DFD) sebagai perancangan sistem. Pada penelitian ini, pengujian dilakukan pada citra dari berbagai tangan yang berasal dari foto sendiri. Pengujian dengan menggunakan citra latih menghasilkan tingkat keakurasian sebesar 100%, sedangkan pengujian menggunakan citra uji memiliki tingkat keakurasian sebesar 94,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:47
Last Modified: 29 Mar 2018 03:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16581

Actions (login required)

View Item View Item