PEMETAAN LOKASI KEJADIAN KECELAKAAN LALU LINTAS SERTA PERHITUNGAN ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN DI KOTA BENGKULU BERBASIS WEB GIS

ROZZAQIYAH, RIRIN and Aan, Erlanshari and Kurnia, Harlina Dewi (2017) PEMETAAN LOKASI KEJADIAN KECELAKAAN LALU LINTAS SERTA PERHITUNGAN ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN DI KOTA BENGKULU BERBASIS WEB GIS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
G1A012053_RIRIN ROZZAQIYAH_LAPORAN SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan kerugian harta benda. Pada satu kejadian kecelakaan terdapat tujuh karakteristik yaitu hari, waktu, jenis kendaraan, data korban yang terdiri dari jenis kelamin, usia, kondisi, serta pekerjaan, dimana salah satu karakteristik tersebut yaitu kondisi korban akan digunakan dalam perhitungan Angka Ekivalen Kecelakaan guna menghasilkan bobot kelas kecelakaan. Sedangkan tingkat kerawanan kecelakaan akan dihitung per ruas jalan dan simpang serta kecamatan. Pemetaan lokasi kejadian kecelakaan menggunakan metode Location Based Service (LBS) dengan memanfaatkan Global Position System (GPS) dan Google Maps sebagai media perantara. Metode pengumpulan data kejadian kecelakaan lalu lintas serta data kantor polisi dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung, dan dokumentasi. Data tersebut dikelompokkan untuk mempermudah proses analisis dan desain sistem. Aplikasi SIG ini dilengkapi dengan berbagai fitur berdasarkan kebutuhan pengguna seperti data management dan user management. Hasil output dari sistem ini salah satunya adalah pemetaan Angka Ekivalen Kecelakaan dimana pada setiap titik kejadian dilengkapi dengan informasi tanggal, waktu, kecamatan, kelurahan, nama jalan, lokasi, nilai perhitungan AEK serta foto lokasi kejadian dan dilengkapi dengan penjelasan tentang perhitungan AEK itu sendiri. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dari Unit Laka Lantas Polres Bengkulu dalam penanganan daerah rawan kecelakaan serta memberi gambaran akurat yang mempermudah dalam menentukan daerah yang menjadi titik lokasi kecelakaan di Kota Bengkulu agar masyarakat dapat lebih berhati-hati jika melewati daerah rawan kecelakaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:55
Last Modified: 29 Mar 2018 03:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16582

Actions (login required)

View Item View Item