ANALISA PENGARUH PEMBERAT KATUP, JARAK KATUP BUANG LIMBAH DAN TINGGI MASUKAN SISTEM POMPA HIDRAM MENGGUNAKAN RESERVOIR GANDA

SAPUTRA, DANIEL and Angky, Puspawan and Agus, Nuramal (2017) ANALISA PENGARUH PEMBERAT KATUP, JARAK KATUP BUANG LIMBAH DAN TINGGI MASUKAN SISTEM POMPA HIDRAM MENGGUNAKAN RESERVOIR GANDA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Daniel Saputra (G1C010001).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pompa adalah alat yang digunakan untuk memindahkan air dari tempat yang lebih rendah ketempat yang lebih tinggi. Pompa hidram (Hidrolik Ram) merupakan pompa yang bekerja hanya dengan memanfaatkan energi potensial dari aliran air, tanpa bantuan dari energi lain. Pengaplikasian pompa hidram ditujukan untuk daerah-daerah yang belum menerima pasokan listrik, namun memiliki potensi aliran air yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efisiensi dan peforma pompa hidram dengan menganalisa diantaranya variasi massa pemberat katup 62 gram, 73 gram, dan 84 gram. Variasi jarak katup buang 100 mm, 125 mm, dan 150 mm. Variasi tinggi masukan 1,50 meter; 1,75 meter; dan 2 meter. Sedangkan untuk konstanta adalah volume tabung dan jenis fluida yang digunakan. Berdasarkan hasil pengujian di lapangan didapatkan hasil bahwa semakin besar massa pemberat katup limbah pada pompa hidram maka semakin besar nilai peforma pompa hidram. Hal ini disebabkan karena semakin besar massa pemberat katup menyebabkan hentakan (palu air) pada pompa hidram dan juga debit hasil (laju aliran volume spesifik) semakin besar. Semakin pendek jarak katup buang limbah terhadap tabung pompa hidram maka akan semakin besar hentakan palu air (water hammer) dan juga mempengaruhi jumlah debit hasil (laju aliran volume spesifik). Nilai efisiensi terendah terjadi pada pompa dengan jarak katup buang 150 mm dengan massa pemberat 1 (62 gram) dan tinggi masukan 1,50 meter yaitu sebesar 39,813%. Sedangkan nilai efisiensi tertinggi terjadi pada pompa dengan jarak katup buang 100 mm dengan massa pemberat 2 (73 gram) dan tinggi masukan 1,75 meter yaitu sebesar 58,358%. Nilai debit hasil terendah terjadi pada pompa dengan jarak katup buang 150 mm dengan massa pemberat 1 (62 gram) dan tinggi masukan 1,50 meter yaitu sebesar 1,084 liter/menit, sedangkan nilai debit hasil tertinggi terjadi pada pompa dengan jarak katup buang 100 mm dengan massa pemberat 3 (84 gram) dan tinggi masukan 2 meter yaitu sebesar 2,880 liter/menit.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 29 Mar 2018 04:17
Last Modified: 29 Mar 2018 04:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16586

Actions (login required)

View Item View Item