REVAL, ABADI PRATAMA and Edytiawarman, Edytiawarman and Joko, Susetyanto (2022) PENYELESAIAN PEMBIAYAAN MACET ATAS KENDARAAN BERMOTOR DALAM PEMBIAYAAN KONSUMEN PADA NSC FINANCE KELURAHAN LINGKAR BARAT KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
REVAL ABADI PRATAMA-B1A018097-SKRIPSII.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Dalam perjanjian pembiayaan konsumen, sering terjadi pembiayaan macet yang dilakukan oleh konsumen yang tidak dapat membayar angsuran secara tepat waktu, sehingga dapat mengakibatkan kerugian terhadap perusahaan pembiayaan konsumen pada NSC Finance Lingkar Barat Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada NSC Finance Lingkar Barat Kota Bengkulu pada tahun 2021 total keseluruhan yang melakukan perjanjian pembiayaan atas kendaraan bermotor sebanyak 255 konsumen, dan 10 konsumen yang melakukan pembiayaan macet yang terus dikejar pembayaran angsuran oleh pihak NSC Finance Lingkar Barat Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor penyebab pembiayaan macet atas kendaraan bermotor, serta untuk menjelaskan penyelesaian pembiayaan macet atas kendaraan bermotor dalam pembiayaan konsumen pada NSC Finance Lingkar Barat Kota Bengkulu. Berdasarkan permasalahan yang diteliti, jenis penelitian yang akan dilakukan oleh penulis bersifat empiris. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kota Bengkulu. Metode pengumpulan data adalah melalui wawancara, dengan pihak yang terkait. Penelitian ini menghasilkan data yang diperoleh oleh penulis dari NSC Finance Lingkar Barat Kota Bengkulu, ada 10 konsumen yang melakukan pembiayaan macet faktor utama penyebab konsumen melakukan pembiayaan macet yaitu: (1) Memiliki hutang dengan pihak lain dengan jumlah 5 konsumen (2) Digunakan dalam keperluan lain dengan jumlah 4 konsumen dan (3) Keadaan memaksa (force meajure) dengan 1 jumlah konsumen Penyelesaian Pembiayaan Macet terhadap 10 konsumen yang dilakukan oleh pihak NSC Finance Lingkar Barat Kota Bengkulu yaitu dengan 3 cara : (1) Memberikan surat panggilan (SP) I sampai III dan (2) Upaya negosiasi dengan konsumen dengan beralaskan asas menitikberatkan kekeluargaan agar kedua belah pihak tidak saling merugikan dan (3) Upaya kebijakan keringanan terhadap 10 konsumen. Kata Kunci : Pembiayaan Konsumen - Kendaraan Bermotor - Perjanjian Pembiayaan Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | irma rohayu |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 08:37 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 08:37 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16591 |
Actions (login required)
View Item |