TANGGAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) DENGAN PENGURANGAN P-SINTETIK YANG DISUBSTITUSI KIRINYUH (Chromolaena odorata L.)

Anjus, Erikson Girsang and Bilman, W. Simanihuruk and Mohammad, Chozin (2020) TANGGAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) DENGAN PENGURANGAN P-SINTETIK YANG DISUBSTITUSI KIRINYUH (Chromolaena odorata L.). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (thesis)
Skripsi Anjus Erikson Girsang (E1J014063).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kacang tanah merupakan komoditas tanaman pangan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan strategis dalam upaya meningkatkan dan perbaikan gizi masyarakat, sehingga diperlukan peningkatan produktivitas dan pemenuhan kebutuhan kacang tanah. Salah satu permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan kacang tanah ialah pemberian pupuk anorganiksecara terus menerus dan dosis yang berlebihan. Oleh karena itu diperlukan kombinasi pemberian pupuk anorganik dan pupuk organik. Pemberian bahan organik Kirinyuh yang dikombinasikan dengan pupuk P-sintetik diduga mampu memberikan perbaikan terhadap sifat fisik, kimia, dan biologi tanah serta meningkatkan produksi tanaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengurangan dosis P-sintetik yang disubsitusi Kirinyuh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah terbaik. Penelitian dilaksanakan dari bulan Desember 2018 sampai April 2019 di Desa Pondok Beringin, Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Utara. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan faktor tunggalyaitu komposisi persentase pengurangan P-sintetik yang disubtitusi Kirinyuh yang terdiri atas: P0= 100% P (36 kg/ha), P1= 80 % P (28,8 kg/ha) + 20% P dari Kirinyuh (7,2 kg/ha), P2 =60 % P (21,6 kg/ha) + 40% P dari Kirinyuh (14,4 kg/ha), P3 =40% P (14,4 kg/ha) + 60% P dari Kirinyuh (21,6 kg/ha), P4 =20% P (7,2 kg/ha) + 80% P dari Kirinyuh (28,8 kg/ha), P5= 0% P + 100 % P dari Kirinyuh (36 kg/ha). Setiap perlakuan diulang sebanyak 5 kali, sehingga diperoleh 30 satuan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman kacang tanah yang dipupuk dengan pupuk hijau Kirinyuh pertumbuhan dan hasilnya tidak berbeda dengan yang dipupuk P�sintetik atau kombinasi kedua pupuk.Pengurangan dosis P-sintetik yang disubstitusi gulma Kirinyuh terhadap pertumbuhan dan hasil kacang tanah 20 % P (7.2 kg/ha) + 80% P dari Kirinyuh (28.8 kg/ha) cenderung memberikan pertumbuhan dan komponen hasil lebih tinggi dari yang diberikan 100% P-Sintetik Keywords: Kacang tanah, Pupuk Organik, Pupuk An-organik, Kirinyuh

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:25
Last Modified: 03 Oct 2023 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16593

Actions (login required)

View Item View Item