PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays L. Saccharata) PADA LAMA WAKTU FERMENTASI POC BERBASIS PAITAN (Thitonia diversifolia)

Atika, Ramadhanty Puteri and Nanik, Setyowati and Fahrurrozi, Fahrurrozi (2020) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays L. Saccharata) PADA LAMA WAKTU FERMENTASI POC BERBASIS PAITAN (Thitonia diversifolia). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
ATIKA R.P. E1J015037.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Permintaan Jagung manis (Zea mays L. Saccharata) di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Meski demikian, produksinya masih perlu ditingkatkan. Produktivitas jagung manis ditentukan faktor genetic maupun faktor lingkungan seperti budidaya, iklim maupun media tanam. Pemupukan menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan budidaya tanaman jagung manis. Dismpaing pupuk sintetik juga dikenal pupuk organik baik dalam bentuk padat maupun cair. Salah satu bahan yang dapat dijadikan pupuk organik cair adalah gulma paitan (Tithonia diversifolia). Kualitas pupuk organik cair salah satunya oleh lama waktu fermentasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh lama waktu fermentasi POC terbaik bagi pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Agustus sampai Desember 2019 di Kebun Percobaan,Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 1 faktor yang terdiri dari 4 taraf yaitu lama waktu fermentasi 4, 5, 6 dan 7 minggu. Kontrol adalah perlakuan tanpa pemberian POC. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa lama waktu fermentasi POC Paitan 4, 5 dan 6 minggu dapat meningkatkan tingkat kehijauan daun dan bobot berangkasan kering jagung manis. Untuk pembuatan POC berbahan dasar gulma Paitan disarankan untuk melakukan fermentasi selama 4 minggu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:37
Last Modified: 03 Oct 2023 08:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16596

Actions (login required)

View Item View Item