PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG JAHE MERAH (Zingiber officinale var Rubrum) SEBAGAI FEED ADDITIVE TERHADAP KUALITAS KARKAS AYAM BROILER

Rika, Saputri and Urip, Santoso and Yosi, Fenita (2022) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG JAHE MERAH (Zingiber officinale var Rubrum) SEBAGAI FEED ADDITIVE TERHADAP KUALITAS KARKAS AYAM BROILER. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Draf Skripsi_Rika Saputri_E1C018004_fixx.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pemanfaatan tanaman herbal seperti jahe merah ternyata lebih efektif digunakan sebagai alternatif pengganti antibiotik dan menghasilkan kualitas karkas yang baik. Kandungan jahe merah berupa flavonoid, zingerol, dan minyak atsiri jahe dapat merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan unggas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penambahan tepung jahe merah (Zingiber officinale var Rubrum) terhadap kualitas karkas ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 160 ekor ekor ayam broiler dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. P0 : ransum tanpa pemberian tepung jahe merah, P1 : ransum dengan 1% tepung jahe merah, P2 : ransum dengan 2% tepung jahe merah dan P3 : ransum dengan 3% jahe merah. Variabel yang diamati yaitu warna karkas, berat karkas, persentase berat karkas, persentase karkas bagian paha dan dada, meat bone ratio, cooking loss, dan drip loss. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam menggunakan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung jahe merah (Zingiber officinale var Rubrum) sebagai feed additive berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap warna karkas, berat karkas, persentase karkas, persentase karkas bagian paha dan dada, meat bone ratio, cooking loss dan drip loss. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penambahan tepung jahe merah (Zingiber officinale var Rubrum) dalam ransum dengan level pemberian 1% – 3% tidak dapat meningkatkan kualitas karkas ayam broiler.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:53
Last Modified: 03 Oct 2023 08:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16602

Actions (login required)

View Item View Item