PENGARUH PENERIMAAN SOFTWARE AS A SERVICE PADA UMKM DI KOTA BENGKULU : PENGUJIAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT)

Pangestu, Wahyu Tri and Vika, Asmawanti and Madani, Martiah Nila Puspita (2023) PENGARUH PENERIMAAN SOFTWARE AS A SERVICE PADA UMKM DI KOTA BENGKULU : PENGUJIAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi wahyu tri pangestu pdf - Wahyu Tri Pangestu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Teknologi informasi seperti software as a service dapat digunakan untuk meningkatkan transformasi bisnis, ketepatan dan efesiensi informasi bisnis yang dapat mewujudkan daya saing UMKM. Terdapat beberapa keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi software as a service kepada UMKM, yaitu pembayarannya dibayarkan secara bertahap atau dibayarkan sesuai dengan penggunaannya. Hal ini dapat menghemat waktu, mengurangi biaya operasional, mengurangi kebutuhan tempat, mudah dalam mengakses, memudahkan proses analisa data. Setelah beberapa keuntungan yang telah dijabarkan sayangnya angka pemanfaatan sistem informasi berupa Software as a Service masih terbilang cukup kecil di Indonesia.penelitian ini menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Tujuan penelitian ini adalah Untuk menguji dan membuktikan bahwa variabel Perfomance Expectancy,Effort Expectancy,Social Influece,Facilitating Condition,Behavioural Intention saling berpengaruh Metode penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan hipotesis yang berkaitan dengan fenomena. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel Perfomance Expectancy,Effort Expectancy,Social Influece,Facilitating Condition,Behavioural Intention saling berpengaruh positif Kesimpulan serta keterbatasan penelitian, maka saran peneliti untuk penelitian selanjutnya tentang sistem informasi akuntansi akan lebih baik dilakukan jika di Bengkulu memang sudah banyak UMKM yang paham dan menggunakan sistem informasi akuntansi itu sendiri dan juga jika peneliti ingin melakukan penelitian agar melakukan survei terlebih dahulu dikarenakan data yang telah ada dapat berubah sewaktu-waktu dan juga agar dapat membuat janji kepada responden yang dituju agar waktu penelitian menjadi lebih efisien Kata Kunci: Accounting Software, Software as a Service, Technology Acceptance Model, UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:55
Last Modified: 04 Oct 2023 03:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16616

Actions (login required)

View Item View Item