TANGGUNG JAWAB HUKUM DEBITUR YANG MELAKUKAN WANPRESTASI TERHADAP KREDITUR PADA LEMBAGA PEMBIAYAAN KONSUMEN PADA MASA COVID-19 (Studi di ADIRA Finance Bengkulu)

Eza, Hezmi Vinaria and Slamet, Muljono and Edi, Hermansyah (2022) TANGGUNG JAWAB HUKUM DEBITUR YANG MELAKUKAN WANPRESTASI TERHADAP KREDITUR PADA LEMBAGA PEMBIAYAAN KONSUMEN PADA MASA COVID-19 (Studi di ADIRA Finance Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - EZA HEZMI VINARIA (B1A117033).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis Tanggungjawab hukum debitur yang melakukan wanprestasi terhadap kreditur pada lembaga pembiayaan pada masa Covid-19 di ADIRA Finance Kota Bengkulu dan (2) mengetahui dan menganalisis cara penyelesaian wanprestasi debitur terhadap kreditur pada lembaga pembiayaan pada masa Covid-19 di ADIRA Finance Kota Bengkulu. Jenis penelitin ini adalah hukum empiris. Motode penelitian wawancara dan studi dokumentasi. Metode pengolahannya pemeriksaan data dan analisis data secara induktif dan kualitatif dengan menggunakan metode berfikir deduktif. Hasil penelitian ini dilakukan dengan menarik kesimpulan bahwa pertanggung jawaban hukum debitur yang melakukan wanprestasi terhadap kreditur pada lembaga pembiayaan pada masa Covid-19 yaitu dengan penundaan pembayaran kredit. Cara penyelesaian debitur yang melakukan wanprestasi terhadap kreditur pada lembaga pembiayaan pada masa Covid-19 yaitu dengan cara melakukan Restrukturisasi kredit sesuai dengan ketentuan yang tedapat di dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.11/POJK.3/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Counter cyclical. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Debitur , Wanprestasi, Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:18
Last Modified: 04 Oct 2023 04:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16619

Actions (login required)

View Item View Item