PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATERI PLANTAE KELAS X BERDASARKAN INVENTARISASI TUMBUHAN OBAT SUKU SERAWAI DI DESA TALANG TINGGI KABUPATEN SELUMA

PUSPITASARI, ANJALY DEWI and Alexon, Alexon and Abdul, Rahman (2021) PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATERI PLANTAE KELAS X BERDASARKAN INVENTARISASI TUMBUHAN OBAT SUKU SERAWAI DI DESA TALANG TINGGI KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Anjaly Dewi Puspitasari_Perpus UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan obat yang dimanfaatkan sebagai obat oleh masyarakat suku Serawai di Desa Talang Tinggi Kabupaten Seluma dan untuk menghasilkan buku saku materi Plantae yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian Research And Development (R&D) model Borg and Gall 1979 yang dilakukan hingga tahap Preliminary Field Testing. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif berdasarkan jenis tumbuhan obat yang ditemukan, hasil validasi dan hasil uji keterbacaan. Hasil penelitian ditemukan 19 famili dari 30 jenis tumbuhan obat yang dimanfaatkan sebagai obat oleh masyarakat suku Serawai Desa Talng Tinggi. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh 3 validator orang ahli yaitu ahli media 96,4%, ahli materi 93% dan ahli praktisi 94% dengan kategori sangat layak. Hasil uji keterbacaan yang dilakukan oleh 10 orang peserta didik diperoleh presentase rata-rata 97% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan tersebut, dapat dinyatakan bahwa buku saku yang disusun layak sebagai bahan ajar materi Plantae kelas X tingkat SMA/MA Sederajat Kata Kunci : Buku Saku, Plantae, Talang Tinggi, Tumbuhan Obat

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:42
Last Modified: 04 Oct 2023 07:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16624

Actions (login required)

View Item View Item