PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMELIHARAAN KERBAU ANTARA PEMILIK DENGAN PEMELIHARE DI KECAMATAN TALANG EMPAT KABUPATEN BENGKULU TENGAH

MUHAMMAD, RHOUFALDI and Hamdani, Maakir and Ganefi, Ganefi (2022) PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMELIHARAAN KERBAU ANTARA PEMILIK DENGAN PEMELIHARE DI KECAMATAN TALANG EMPAT KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - MUHAMMAD RHOUFALDI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana pelaksanaan perjanjian pemeliharaan kerbau antara pemilik dengan pemelihare di Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Dengan rumusan masalah yakni (1) wanprestasi dalam perjanjian pemeliharaan kerbau Antara Pemilik Dengan Pemelihare dan (2) bagaimana proses penyelesaian sengketa akibat wanprestasi dalam perjanjian pemeliharaan kerbau Antara Pemilik Dengan Pemelihare di Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan wanprestasi dalam perjanjian pemeliharaan kerbau Antara Pemilik Dengan Pemelihare dan (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penyelesaian sengketa akibat wanprestasi dalam perjanjian pemeliharaan kerbau Antara Pemilik Dengan Pemelihare di Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah.Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menentukan lokasi penelitian dan informan melalui wawancara yang mendalam, lalu dianalisis menggunakan metode yuridis kualitatif. Hasil penelitian yakni (1) Pelaksanaan perjanjian pemeliharaan kerbau di Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah sebagian telah dijalankan dengan sesuai apa yang diperjanjikan. Namun masih ada juga terdapat Desa yang belum maksimal menjalankan perjanjian pemeliharaan kerbau. Disisi lain perjanjian ini dilakukan oleh pemilik kerbau dan pemelihare dilakukan secara lisan dan tidak tertulis yang didasari rasa saling percaya antara kedua belah pihak yang melakukan perjanjian pemeliharaan kerbau, (2) Penyelesaian wanprestasi perjanjian pemeliharaan kerbau di Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah dilakukan dengan musyawarah kedua belah pihak baik pihak pemilik kerbau dan pemelihare. Dengan tujuan penyelesaikan sengketa seperti ini dapat diselesaikan dengan baik agar tidak menjadi keributan lagi. KATA KUNCI : Perjanjian, Pemeliharaan, Pemelihare.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:54
Last Modified: 04 Oct 2023 08:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16630

Actions (login required)

View Item View Item