EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN

Muktadir, Abdul (2015) EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4 Mei 2015, Bengkulu, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Proceeding)
PROSIDING.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keterampilan mengelola kelas atau manajemen kelas dapat dikatakan sangat penting di antara keterampilan mengajar yang harus dimiliki oleh guru.Kelas yang diatur dengan baik pada hakikatnya dapat mendukung iklim pembelajaran.Kelas berjalan dengan lancar dan produktif.prasyarat penting untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa. Manajemen kelas dapat dilakukan dengan memanfaatkan waktu secara efisien, dan menetapkan aturan-aturan.dan melibatkan siswa secara optimal selama pembelajaran. Upaya melibatkan siswa dapat diawali dengan mengajak siswa berperan memberi masukan berkenaan dengan topik-topik atau materi yang akan dibahas biasa dilakukan saat apersepsi. Keterampilan mengelola kelas tidak lepas dari munculnya perilaku bermasalah atau gangguan dalam pembelajaran.Gangguan dapat diminimalkan bila aturan-aturan kelas direncanakan, dilaksanakan, dinyatakan secara tegas, dan secara terus-menerus mengawasi prosedur dan aturan tersebut. Guru harus jeli untuk melihat dan mengetahui apa yang sedang terjadi dalam semua bagian kelas di setiap waktu dan mengkomunikasikannya dengan semua siswa. Guru yang efektif mengetahui apa yang terjadi dalam kelas mereka setiap waktu, mereka konsisten dalam intervensi mereka. Prinsip dasar ketika malaksanakan intervensi adalah dengan menjaga martabat siswa.Manajemen kelas yang efektif harus melibatkan komunikasi secara bersama guru, orangtua, dan siswa dalam pendidikan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 05 Apr 2018 04:27
Last Modified: 06 Apr 2018 02:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16654

Actions (login required)

View Item View Item