UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMBUAT RPP DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PERKULIAHAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI PGSD FKIP UNIVERSITAS BENGKULU

Muktadir, Abdul (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMBUAT RPP DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PERKULIAHAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI PGSD FKIP UNIVERSITAS BENGKULU. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2017 "Strategi Pembangunan Karakter Sejak Dini Berbasis Kearifan Lokal, Neurosains dan Teknologi Informasi", 8 Agustus 2017, Bengkulu, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Proceeding)
Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2017.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan nilai-nilai karakter mahasiswa dalam karakter mahasiswa PGSD FKIP UNIB, dan (2) Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis buku guru dan siswa SD. Tahapan PTK adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada perkuliahan pembelajaran tematik dapat meningkatkan : (1) Nilai-nilai karakter mahasiswa dalam karakter mahasiswa PGSD FKIP UNIB, dan (2) Kemampuan mahasiswa dalam menganalisis buku guru dan siswa SD. Saran yang disampaikan yakni : (1) Bagi dosen yang mengampu mata kuliah selain pembelajaran tematik hendaknya juga menerapkan model pembelajaran Project Based Learning, karena model tersebut dapat membuat mahasiswa menjadi aktif dan kreatif dan (2) Bagi mahasiswa disarankan dapat membuat media pembelajaran selain pembelajaran tematik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 05 Apr 2018 04:30
Last Modified: 06 Apr 2018 02:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16656

Actions (login required)

View Item View Item