PEMANFAATAN MODEL KELAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR, DAN KARAKTER SISWA SDN 5 KELAS III DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK

Muktadir, Abdul (2016) PEMANFAATAN MODEL KELAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR, DAN KARAKTER SISWA SDN 5 KELAS III DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2016 "Pendidikan Berbasis Lingkungan Menghadapi Tantangan Global Warming, 21 Mei 2016, Bengkulu, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Proceeding)
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 2016.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (569kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prosees, hasil belajar, dan karakter siswa SDN 5 Kelas III dalam pembelajaran Tematik dengan metode Talking Stick memanfaatan model kelas. Subjek penelitian siswa dan guru. Instrumen penelitian lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor. Tes dianalisis dengan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal, dan rumus persentase untuk karakter. Hasil yang diperoleh: (1) Siklus I diperoleh nilai rata-rata untuk observasi siswa 32.5 (kategori cukup), observasi guru 31 (kategori cukup), nilai rata-rata Matematika=73.71, IPS=75.54, IPA=66.74, dengan ketuntasan belajar klasikal Matematika=78.3%, IPS=78.3%, IPA=52.2%. pencapaian nilai karakter siswa yang membuda secara konsisten yakni Disiplin=21.74%, Kerja Keras=8.70%, Demokrasi=17.39%, Rasa Ingin Tahu=21.74%, Bersahabat/Komunikatif=13.04%, dan Tanggung Jawab=17.39%. (2) Siklus II diperoleh nilai rata-rata untuk observasi siswa 40.5 (kategori baik), observasi guru 39.5 (kategori baik), nilai rata-rata Matematika=75.77, IPS=76.79, IPA=70.86, dengan ketuntasan belajar klasikal Matematika=80.77%, IPS=84.62%, IPA=80.77%. Pencapaian nilai karakter siswa yang membuda secara konsisten yakni Disiplin=57.7%, Kerja Keras=80.8%, Demokrasi=69.2%, Rasa Ingin Tahu=84.6%, Bersahabat/Komunikatif=73.1%, dan Tanggung Jawab=65.4%. Kesimpulan penelitian pemanfaatan model kelas dengan metode talking stick dalam pembelajaran Tematik dapat meningkatkan proses, hasil belajar, dan mengembangkan karakter siswa. Saran Guru supaya lebih mengoptimalkan media dan memanfaatkan penglaman anak, dan b. Penerapan talking stick supaya lebih mengkordinir siswa selama memindahgilirkan tongkat supaya pembelajaran kondusif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 05 Apr 2018 04:32
Last Modified: 06 Apr 2018 03:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16658

Actions (login required)

View Item View Item