STRUKTUR DAN KOMPOSISI VEGETASI PADA LAHAN BEKAS TAMBANG PT. RATU SAMBAN MINING KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU

Akbar, Robertha and Hery, Suhartoyo and Wahyudi, Arianto (2020) STRUKTUR DAN KOMPOSISI VEGETASI PADA LAHAN BEKAS TAMBANG PT. RATU SAMBAN MINING KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI AKBAR ROBERTHA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian struktur dan komposisi vegetasi pada lahan bekas tambang PT. Ratu Samban Mining Kabupaten Bengkulu Tengah pada 4 lokasi (area reklamasi sengon, reklamasi akasia, kebun durian dan hutan sekunder) yang bertujuan untuk mengetahui struktur dan komposisi tumbuhan yang ada di kawasan lahan bekas tambang dan mengetahui kondisi lingkungan di kawasan pasca tambang karena belum ada penelitian yang dilakukan di kawasan reklamasi PT. Ratu Samban mining. Metode pengambilan data dengan membuat plot ukuran 20x20 meter untuk tingkat pohon, 10x10 meter untuk tingkat tiang, 5x5 untuk tingkat pancang dan 1x1 untuk tingkat tumbuhan bawah dimana pembuatan dan peletakan plot menggunakan jalur line transek pada 4 lahan penelitian yang dilakukan pengambilan data yaitu lahan reklamasi sengon, lahan reklamasi akasia, lahan yang belum direklamasi yang sudah menjadi hutan sekunder dan kebun durian sekitar tambang yang diolah oleh masyarakat, untuk perhitungan digunakan rumus Indeks Nilai Penting dan Cluster Analisis. Hasil yang didapat bahwa struktur tegakan lahan reklamasi akasia dan sengon berbeda karena di tegakan lahan reklamasi akasia dominan pohon akasia dan relatif seragam dari segi dan tinggi pohon dan komposisi tumbuhan bawah terdapat 5 jenis sedangkan di reklamasi sengon terdapat 3 jenis untuk tingkat pohon, tingkat tiang terdapat 4 jenis dan untuk tumbuhan bawah terdapat 9 jenis tumbuhan bawah, untuk pembanding area kebun durian dominan tingkat pohon hanya 1 jenis yaitu jenis Durio zibethinus dan tumbuhan bawah terdapat 8 jenis sedangkan pada area hutan sekunder banyak terdapat jenis tumbuhan bawah yang berjumlah 15 jenis tumbuhan bawah dan. Pengaruh faktor lingkungan dari segi suhu, kelembapan, pH tanah, intensitas cahaya dan curah hujan juga sangat berpengaruh untuk kelimpahan jenis pada setiap area.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:30
Last Modified: 05 Oct 2023 07:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16660

Actions (login required)

View Item View Item