ANALISIS PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) MANNA PROVINSI BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN MULTI DEMENSIONAL SCALLING (MDS)

RAHMAT, RAHMAT and Khairul, Amri and Yuzuar, Afrizal (2017) ANALISIS PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) MANNA PROVINSI BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN MULTI DEMENSIONAL SCALLING (MDS). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI RAHMAT (G1B012017).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Daerah Aliran Sungai (DAS) Manna merupakan salah satu DAS di Provinsi Bengkulu terletak di Kabupaten Bengkulu Selatan, yang selama ini dimanfaatkan sebagai sumber kegiatan lingkungan, ekonomi, sosial, kelembagaan, teknis. Untuk itu perlu dikaji tingkat keberlanjutan pengelolaan area di DAS tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indeks dan status keberlanjutan pengelolaan area DAS Manna dari lima dimensi keberlanjutan tersebut. Metode analisi menggunakan “mul t i di mensi onal sc ali ng” (MDS) yang disebut Rap-MANNA yang hasilnya dinyatakan dalam bentuk indeks dan status keberlanjutan. Hasil analisis saat ini menunjukkan bahwa dimensi lingkungan berada pada status kurang berkelanjutan (44,23%), dimensi ekonomi dengan status kurang berkelanjutan (42,38%) dan dimensi sosial dengan status kurang berkelanjutan (46,31%), dimensi kelembagaan dengan status cukup berkelanjutan (54,85%), dan dimensi teknis dengan status kurang berkelanjutan (42,75%). Dari 59 atribut yang dianalisis terdapat 28 atribut sensitif yang berpengaruh terhadap indeks dan status keberlanjutan dengan galat yang sangat kecil pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders) saat ini menunjukkan 18 atribut sensitif yang memerlukan kebutuhan pemangku kepentingan, dan 12 kegiatan yang perlu dilakukan dalam penggabungan dan penyederhanaan kebutuhan para pemangku kepentingan. Area DAS Manna dari tahun ketahun mengalami perubahan penggunaan lahannya, maka perlu dilakukan pengelolaan berkelanjutan dengan kepentingan bersama berlandaskan 5 dimensi sebagai sumber kegiatan serta analisis kebutuhan pemangku kepentingan dalam pengelolaannya, agar dimasa yang akan datang area DAS Manna dapat terjaga kelestarian sumber dayanya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 07 Apr 2018 04:11
Last Modified: 09 Apr 2018 02:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16665

Actions (login required)

View Item View Item