IDENTIFIKASI LOKASI CACAT PADA STRUKTUR PLAT BALOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE OPERATIONAL DEFLECTION SHAPE (ODS)

SUBAHA PERMATA, RIANDA and Dedi, Suryadi and Ahmad, Fauzan Suryono (2017) IDENTIFIKASI LOKASI CACAT PADA STRUKTUR PLAT BALOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE OPERATIONAL DEFLECTION SHAPE (ODS). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IDENTIFIKASI LOKASI CACAT PADA STRUKTUR PLAT BALOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE OPERATIONAL DEFLECTION SHAPE (ODS).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Cacat material merupakan ketidaksempurnaan yang terjadi pada suatu material yang berpengaruh buruk pada sifat-sifat mekanik dari material tersebut. Selain itu, cacat pada material dapat mengubah sifat fisik dari material yang mempengaruhi karakteristik defleksi suatu struktur. Oleh karena itu, digunakanlah metode operational deflection shape (ODS) untuk mendeteksi letak lokasi cacat. Dalam pemodelan ini, plat balok terbuat dari material astm a36 dengan memiliki dimensi 200×50×3 mm dengan cacat berada di bagian tengah plat. Plat kemudian di jepit di kedua sisi bagian pangkal dan ujungnya. Metode ODS mengidentifikasi lokasi cacat pada struktur plat dengan memetakan pola defleksi atau deformasi dari suatu struktur plat ke dalam bentuk grafik. Dari pola ini, digunakan slope ratio-nya untuk memudahkan dalam penunjukan letak lokasi cacat pada plat tersebut. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan, slope ratio memiliki nilai puncak dominan di x/L 0,5 atau tepat di bagian tengah plat dalam seluruh variasi cacat, yang berarti metode ODS dapat mengidentifikasi letak lokasi cacat dengan tepat. Dari keseluruhan bentuk dan variasi cacat, bentuk cacat segi empat memiliki nilai slope ratio tertinggi, setelah itu bentuk cacat U dan yang terkecil bentuk cacat segtiga. Dari hasil ini, variasi kedalaman, lebar dan bentuk cacat mempengaruhi besarnya deformasi yang mengakibatkan meningkatnya nilai puncak dominan pada slope ratio.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 09 Apr 2018 03:14
Last Modified: 09 Apr 2018 03:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16671

Actions (login required)

View Item View Item