ANALISA GAYA DORONG (THRUST) PROPELLER DYP-1016 9x6 9060 SR-22

PRASETIYONO, TIAN and Agus, Suandi and Nurul, Iman Supardi (2017) ANALISA GAYA DORONG (THRUST) PROPELLER DYP-1016 9x6 9060 SR-22. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tian Prasetiyono (G1C010017).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Propeller merupakan sekelompok sayap atau bilah berputar yang dibentuk bengkok yang ditujukan agar menciptakan arah dari resultan gaya angkat yang menuju ke depan. Propeller berfungsi untuk mengubah gaya rotasi dari mesin menjadi gaya propulsif sebagai gaya dorong (thrust) untuk pesawat. Untuk mengetahui seberapa besarnya gaya dorong yang dihasilkan dari suatu propeller dapat dilakukan dengan perhitungan maupun pengujian. Penelitian dilakukan dengan membuat alat uji gaya dorong sederhana yang bertujuan untuk mengetahui besarnya gaya dorong yang dihasilkan dari suatu propeller. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bahan uji propeller DYP-1016 9x6 9060 SR-22, yaitu propeller yang digunakan pada pesawat RC dynam Cessna 182 skytrainer. Pengujian dilakukan dengan variasi putaran propeller 2000, 4000, 6000 dan 8000 rpm. Dari hasil pengujian didapatkan nilai gaya dorong (F T ) dari setiap putaran 2000, 4000, 6000 dan 8000 rpm yaitu 0,4 N, 1,967 N, 3,767 N dan 7,067 N. Selanjutnya nilai dari hasil pengujian tersebut dilakukan perhitungan secara matematis untuk mendapatkan nilai koefisien gaya dorong (C T ) dari propeller tersebut. Nilai koefisien gaya dorong (C T ) dari setiap putaran 2000, 4000, 6000 dan 8000 yaitu 0,113, 0,139, 0,108 dan 0,125.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 11 Apr 2018 02:13
Last Modified: 11 Apr 2018 02:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16676

Actions (login required)

View Item View Item