PEMANFAATAN HHBK TUMBUHAN REMPAH OLEH MASYARAKAT DESA SEKITAR KAWASAN HUTAN MADAPI KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU

Delisa, Delisa and Guswarni, Anwar and Agus, Susatya (2020) PEMANFAATAN HHBK TUMBUHAN REMPAH OLEH MASYARAKAT DESA SEKITAR KAWASAN HUTAN MADAPI KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI WORD DELISA E1B016064.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tumbuhan rempah yaitu tumbuhan atau bagian dari tumbuhan berupa biji, bunga, buah, daun, batang dan akar yang digunakan sebagai penyedap rasa, pewarna dan pemberi aroma pada makanan. Tumbuhan rempah merupakan salah satu HHBK yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beragam keperluan. Pengertian HHBK adalah hasil hutan hayati baik nabati maupun hewani beserta produk turunan dan budidayanya kecuali kayu. Tumbuhan rempah telah diketahui mempunyai banyak manfaat, namun apresiasi terhadap tumbuhan rempah masih sangat kurang. Banyak generasi muda saat ini tidak mengenal aneka jenis tumbuhan rempah. Modernisasi dan perubahan pola konsumsi sehari-hari masyarakat menjadi ancaman bagi keberadaan tumbuhan rempah. Perubahan tradisi dan budaya yang sangat cepat di masyarakat akan berdampak pada jarangnya pemanfaatan dan semakin hilangnya pengetahuan tumbuhan rempah di Indonesia. Hal ini memprihatinkan karena kekayaan rempah-rempah di Indonesia sangat luar biasa dengan beragam jenis pemanfaatan oleh beragam suku (etnis) yang mendiami Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis HHBK tumbuhan rempah yang dimanfaatkan oleh Masyarakat Desa Pal VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, bagian tumbuhan rempah yang digunakan dan pemanfaatan tumbuhan rempah. Penelitian ini menggunakan metode survei. Metode penentuan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling. Penentuan jumlah responden yang diambil berdasarkan metode purposive sampling dengan intesitas sampling 25% dari jumlah 489 KK di desa tersebut. Jumlah responden yang diwawancarai dalam penelitian ini sebanyak 122 KK. Banyaknya responden diambil 25% sesuai dengan Arikunto (2010), jika peneliti mempunyai beberapa ratus subjek atau lebih dari 100 orang dalam populasi, maka dapat menentukan antara 10-15% atau 25- 30% dari jumlah subjek tersebut. Hasil penelitian di Desa Pal VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu menemukan 34 jenis tumbuhan rempah dari 18 famili yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Bagian tumbuhan rempah yang banyak digunakan yaitu bagian daun dan buah. Pemanfaatan tumbuhan rempah oleh mayarakat digunakan sebagai bumbu masakan, penyedap rasa, pemberi aroma, pengharum ruangan, penghilang bau amis, pewarna dan obat tradisional. Selain digunakan sebagai bahan masakan, tumbuhan rempah juga digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan suatu penyakit oleh masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:15
Last Modified: 06 Oct 2023 01:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16679

Actions (login required)

View Item View Item