KEANEKARAGAMAN, KOMPOSISI, DAN PEMANFAATAN JENIS TANAMAN PENYUSUN AGROFORESTRI DI LAHAN PEKARANGAN DUSUN III DESA SUMBER REJO KECAMATAN HULU PALIK KABUPATEN BENGKULU UTARA PROVINSI BENGKULU

Feni, Enjelina and Wiryono, Wiryono and Guswarni, Anwar (2020) KEANEKARAGAMAN, KOMPOSISI, DAN PEMANFAATAN JENIS TANAMAN PENYUSUN AGROFORESTRI DI LAHAN PEKARANGAN DUSUN III DESA SUMBER REJO KECAMATAN HULU PALIK KABUPATEN BENGKULU UTARA PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - FENI ENJELINA - E1B016011.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman, komposisi dan pemanfaatan jenis tanaman penyusun agroforestri di lahan pekarangan Dusun III Desa Sumber Rejo Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2019. Pengambilan data dilakukan dengan metode field research (pengambilan data langsung dari lapangan). Teknik penentuan sampel dengan metode teknik purposive sampling (pengambilan sampel secara sengaja untuk menentukan responden yang memiliki pekarangan sistem agroforestri) dengan intensitas sampling 15% dilakukan pada 30 pekarangan dengan cara yaitu memilih pekarangan yang menerapkan sistem agroforestri terdiri dari tanaman kehutanan, pertanian pada Dusun III Desa Sumber Rejo. Data yang diamati dan dicatat adalah jenis, jumlah individu dan estimasi penutupan lahan. Jenis tumbuhan dideterminasi dan diklasifikasikan berdasarkan manfaat, bagian yang dimanfaat dan macam pemanfaatan. Jenis pohon dihitung berdasarkan jumlah dan jenis untuk mengetahui tingkat keanekaragaman jenis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi vegetasi tanaman penyusun Dusun III Desa Sumber Rejo terdiri dari tingkat pohon 36 jenis, perdu 83 jenis dan herba 52 jenis dengan indeks keragaman jenis tingkat pohon sebesar 2,85 berarti bahwa indeks keragaman jenis yaitu sedang, dan indeks keragaman jenis tigkat perdu dan anakan pohon sebesar 3,38 dengan indeks keragaman jenis yaitu tinggi. Kerapatan relatif tingkat pohon memiliki jumlah banyak jenis yang menyusun di pekarangan Dusun III Desa Sumber Rejo yaitu karet sebesar 21,28%, tingkat perdu dan anakan pohon dengan kerapatan relatif yaitu cabe keriting sebesar 20,12%, dan jenis herba dengan tutupan lahan yaitu rumput kerbau sebesar 5,38 m2 serta daun bawang sebesar 53 (pot). Bentuk pemanfaatan jenis tanaman pekarangan penduduk di Dusun III Desa Sember Rejo diketahui ada 10 kelompok pemanfaatan yaitu makanan 61 jenis, minuman 12 jenis, obat 22 jenis, kayu bakar 6 jenis, kayu konstruksi dan mabel 5 jenis, kerajinan tangan 2 jenis, pewarna 4 jenis, pagar 11 jenis, tanaman hias 53 jenis, pakan ternak 2 jenis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:36
Last Modified: 06 Oct 2023 01:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16683

Actions (login required)

View Item View Item