ANALISIS KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) TERHADAP PENDAPATAN PETANI KARET (STUDI KASUS PADA DESA SUKA MENANG KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA)

Seswani, Ema and Ratu, Eva Febriani (2017) ANALISIS KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) TERHADAP PENDAPATAN PETANI KARET (STUDI KASUS PADA DESA SUKA MENANG KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendapatan petani karet di Desa Suka Menang, Kabupaten Musi Rawas Utara sebelum dan sesudah KUR serta pendapatan petani karet yang menggunakan KUR maupun yang tidak menggunakan KUR. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Jenis dan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap pendapatan petani karet di Desa Suka Menang, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara diketahui bahwa perbandingan antara petani karet yang menggunakan dana KUR memiliki pendapatan tertinggi dengan nilai sebesar Rp 255.000.000 meningkat menjadi Rp 379.000.000, dengan luas lahan dari 10 Ha menjadi 15 Ha. Sedangkan petani yang tidak menggunakan dana KUR memiliki rata-rata pendapatan sebesar Rp 137.000.000per tahun dengan luas kebun terendah 2 Ha sampai 10 Ha. Sedangkan hasil perbandingan antara modal awal, dan luas kebun terhadap pendapatan petani karet baik sesudah maupun sebelum mendapatkan KUR adalah dapat meningkatkan hasil pertanian, sehingga pendapatan petani karet ikut meningkat. Sedangkan hasil perbandingan antara modal awal dan luas kebun terhadap pendapatan petani karet yang tidak menggunakan KUR adalah lebih tinggi pendapatan yang menggunakan KUR sebagai tambahan modal daripada pendapatan petani karet yang tidak menggunakan KUR.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 03 May 2018 01:58
Last Modified: 03 May 2018 01:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16689

Actions (login required)

View Item View Item