KERAGAMAN JENIS TUMBUHAN YANG DIMANFAATKAN MASYARAKAT SUKU SERAWAI DI DESA PENAGO II KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU

Ito, Martin Nugroho and Saprinurdin, Saprinurdin and Deselina, Deselina (2020) KERAGAMAN JENIS TUMBUHAN YANG DIMANFAATKAN MASYARAKAT SUKU SERAWAI DI DESA PENAGO II KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
KERAGAMAN JENIS TUMBUHAN YANG DIMANFAATKAN MASYARAKAT SUKU SERAWAI DI DESA PENAGO II KECAMATAN IL.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pengertahuan masyarakat terhadap jenis tumbuhan berbeda-beda satu dengan yang lainnya tergantung budaya serta tempat dimana mereka tinggal, mulai dari penyebutan namanya, beserta manfaatnya. Pemanfaatan dari tumbuhan dapat digunakan untuk memenuhu kebutuhan hidup masyarakat pada kehidupan sehari-hari seperti obat, makanan, kayu bakar, kayu pertukangan, dan kebutuhan hidup lainnya. Pengetahuan yang didapat oleh masyarakat dapat oleh masyarakat diperoleh secara turun temurun, akan tetapi banyak masyarakat mulai melupakan pengetahuan lokal mengenai keanekaragaman jenis tumbuhan dan manfaatnya yang ada disekitar mereka terutama generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan yang dimanfaatkan dan macam-macam manfaat tumbuhan oleh masyarakat suku serawai di Desa Penago II Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Penelitian ii dilaksanakan pada bulan September 2019 di Desa Penago II. Metode pengambilan data pada peneliian ini menggunakan metode suevei dengan mengamati dan wawancara. Analisis data meliputi data di tabulasi dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapar 68 jenis tumbuhan yang dimanfaatkan masyarakat Desa Penago II untuk 8 kategori yaitu penghasil pangan (33 jenis), obat (23 jenis), kayu bakar (10 jenis), bahan bangunan (6 jenis), tanaman hias (13 jenis), kerajinan (3 jenis), adat istiadat (5 jenis), pakan ternak (5 jenis). Bagian tanaman yang digunakan adalah daun, batang, umbi dam buah. Jenis tanaman yang paling banyak macam manfaatnya adalah kelapa (cocos nucifera).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:15
Last Modified: 06 Oct 2023 02:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16689

Actions (login required)

View Item View Item