KEANEKARAGAMAN JENIS DAN PEMANFAATAN TANAMAN DI LAHAN AGROFORESTRY PEKARANGAN DESA TENGAH PADANG KECAMATAN TALANG EMPAT KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU

Muhammad, Rayhan and Wiryono, Wiryono and M., Fajrin Hidaya (2020) KEANEKARAGAMAN JENIS DAN PEMANFAATAN TANAMAN DI LAHAN AGROFORESTRY PEKARANGAN DESA TENGAH PADANG KECAMATAN TALANG EMPAT KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skripsi Muhammad Rayhan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pekarangan adalah lahan yang terletak di depan, samping, dan belakang rumah. Pekarangan umumnya ditanami berbagai jenis tanaman yang memberikan nilai manfaat bagi penduduk maupun lingkungan sekitarnya. Pekarangan merupakan tata guna lahan dengan sistem produksi bahan pangan tambahan dalam skala kecil untuk anggota keluarga dan merupakan ekosistem tajuk berlapis. Lahan pekarangan sebagai salah satu bentuk usaha pertanian belum banyak mendapat perhatian, walaupun memiliki manfaat besar dalam meningkatkan taraf hidup sebagian besar masyarakat di Indonesia. Beberapa daerah terutama di wilayah pedesaan, usaha pertanian umumnya diarahkan untuk memenuhi sumber pangan sehari-hari, salah satunya di lahan pekarangan berdasarkan jenis keanekaragaman dan pemanfaatannya. (Arifin dkk, 2009). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keanekaragaman jenis tanaman dan pemanfaatannya di lahan agroforestry yang ada di Desa Tengah Padang, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode penelitian ini menggunakan metode inventarisasi, wawancara dan pengamatan langsung pada lahan pekarangan yang menjadi sampel dalam penelitian. Pekarangan yang menjadi sampel, yaitu pekarangan dengan luas paling kecil 500 m2 . Pengambilan data dilakukan dengan membuat plot ukuran 10 x 10 m untuk pohon, 4 x 4 m untuk perdu dan anakan pohon, serta 1 x 1 m untuk vegetasi dasar dengan intensitas sampling 50% yang dilakukan pada 20 pekarangan yang dipilih secara Purposive Sampling. Data yang diamati dan dicatat adalah jenis, jumlah individu, tinggi, diameter setinggi dada dan persen penutupan lahan. Jenis tumbuhan determinasi dan diklasifikasikan berdasarkan manfaat, penggunaan dan bagian yang dimanfaatkan. Jenis pohon dihitung diameter dan tingginya untuk mengetahui tingkat keragaman jenis tumbuhan (H), tumbuhan yang mendominasi (INP). Jenis tanaman penyusun pekarangan Desa Tengah Padang, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah terdiri dari 162 jenis tumbuhan dari 67 suku yang dapat dikelompokkan kedalam 3 kategori, yaitu pohon 37 jenis, perdu 44 jenis dan vegetasi dasar 112 jenis. Indeks keragaman jenis tumbuhan di Desa Tengah Padang adalah 3,206 yang menunjukkan bahwa desa memiliki tingkat keanekaragaman jenis yang beragam. Jenis pohon yang mendominasi pekarangan Desa Tengah Padang adalah Kakao (Theobroma cacao L.) mempunyai nilai INP sebesar 65,74%. Jenis anakan pohon yang mendominasi adalah Kelapa (Cocoa nucifera L.) sebanyak 9 batang. Jenis vegetasi dasar yang mendominasi adalah Rumput Paetan (Axonopus compresus (Swartz) P. Beauv) dengan persen penutupan tanah sebesar 67%. Masyarakat Desa Tengah Padang memanfaatkan 130 jenis tanaman untuk berbagai keperluan, yaitu makanan sebanyak 62 jenis, minuman 9 jenis, obat 27 jenis, kayu bakar 14 jenis, kerajinan tangan 1 jenis, pagar 9 jenis, tanaman hias 41 jenis, pelindung 2 jenis, pewarna 2 jenis dan 32 jenis tanaman yang belum dimanfaatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:27
Last Modified: 06 Oct 2023 02:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16692

Actions (login required)

View Item View Item