PENGEMBANGAN BOOKLET MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS XII BERDASARKAN PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOTORAN KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN TOMAT CERI (Solanum lycopersicum var. cerasiforme)

LESTARI, MUTIARA INDAH and Yennita, Yennita and Aceng, Ruyani (2022) PENGEMBANGAN BOOKLET MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS XII BERDASARKAN PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOTORAN KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN TOMAT CERI (Solanum lycopersicum var. cerasiforme). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI-MUTIARA INDAH LESTARI-A1D018015-PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan di MA Negeri 1 Bengkulu Utara masih menggunakan media dalam bentuk buku cetak dan power point, sehingga belum ada media pembelajaran berupa booklet disekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) melihat pengaruh pupuk kotoran kambing terhadap pertumbuhan tanaman tomat, (2) mendeskripsikan kelayakan dan keterbacaan Booklet respon pertumbuhan tanaman tomat ceri terhadap pemberian pupuk kotoran kambing. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall (1989). Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi pada pengamatan tomat ceri terhadap pemberian pupuk kotoran kambing. Pada penelitian ini menggunakan metode RAL (Rancangan Acak Langkap) dengan 4 kali perlakuan dan 5 kali pengulangan. Dosis pupuk yang digunakan pada penelitian ini P1 0%,P2 25% P3 50% dan P4 75%, dan menggunakan angket kelayakan yang dinilai oleh ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi yaitu guru SMA serta uji keterbacaan oleh peserta didik berjumlah 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pupuk kotoran kambing terhadap pertumbuhan tomat ceri ini sangatlah berpangaruh pada pertumbuhan tomat ceri yakni dilihat pada dosis 50% dan & 75%, pada uji kelayakan Booklet yang dilakukan oleh ahli media 93,47% dengan kategori sangat layak, ahli materi 83,3% dengan kategori sangat layak, dan ahli praktisi 100% dengan kategori sangat layak sehingga dapat diimplementasikan pada uji keterbacaan kepada peserta didik kelas XII MA Negeri 1 Bengkulu Utara. Hasil implementasi uji keterbacaan diperoleh rata–rata persentase 100% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Booklet respon pertumbuhan tanaman tomat ceri terhadap pemberian pupuk kotoran kambing sangat layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Kata Kunci: Pertumbuhan dan perkembangan, Dosis, Booklet

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:38
Last Modified: 06 Oct 2023 02:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16694

Actions (login required)

View Item View Item