EVALUASI ALOKASI DANA DESA DAN TINGKAT KEMISKINAN DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH (Study Kasus Kecamatan Pondok Kelapa, Kecamatan Merigi Sakti, dan Kecamatan Merigi Kelindang)

Rozalina, Mulda and Merri, Anitasari (2017) EVALUASI ALOKASI DANA DESA DAN TINGKAT KEMISKINAN DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH (Study Kasus Kecamatan Pondok Kelapa, Kecamatan Merigi Sakti, dan Kecamatan Merigi Kelindang). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alokasi Dana Desa merupakan bantuan keuangan yang dialokasikan oleh Pemerintah Kabupaten kepada desa yang bersumber dari bagian dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang terdiri dari dana bagi hasil pajak dan sumber dayan alam ditambah dana alokasi secara umum setelah dikurangi belanja pegawai. Dana ADD yang diterima oleh desa mempunyai rincian 30% untuk biaya aparatur dan operasional desa, 70% digunakan untuk belanja publik dan pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan variabel besaran yang telah ditentikan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi Alokasi Dana Desa terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Pengalokasian Alokasi Dana Desa di Kabupaten Bengkulu Tengah ternyata tidak berpengaruh terhadap jumlah penduduk miskin yang semakin meningkat pada setiap tahunnya. Pada tahun 2013 persentase penduduk miskin di kabupaten bengkulu 7,24%, meningkat menjadi 8,22% pada tahun 2014, kembali meningkat sebesar 8,33% di tahun 2015 Sampai tahun 2016 kembali meningkat sebesar 8,71%. Hal ini disebabkan karna menurut laporan pertanggungjawaban realisasi Alokasi Dana Desa diketahui bahwa dana yang digunakan tidak sesuai dengan Permendagri 37/2007 yang menyatakan bahwa 30% dana digunakan untuk biaya aparatur desa dan operasional desa, 70% digunakan untuk belanja publik dan pemberdayaan masyarakat. Namun, pada laporan pertanggungjawaban tidak sesuai dengan Permendagri 37/2007 sehingga tidak mengurangi persentase kemiskinan di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 16 May 2018 02:04
Last Modified: 16 May 2018 02:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16711

Actions (login required)

View Item View Item