PENGARUH MODEL PLH TERINTEGRITAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (IPA DAN MATEMATIKA) TERHADAP KESADARAN LINGKUNGAN/BIODIVERSITY BAGI SISWA SDIT IQRA 1 KOTA BENGKULU

Agusdianita, Neza (2016) PENGARUH MODEL PLH TERINTEGRITAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (IPA DAN MATEMATIKA) TERHADAP KESADARAN LINGKUNGAN/BIODIVERSITY BAGI SISWA SDIT IQRA 1 KOTA BENGKULU. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2016 "Pendidikan Berbasis Lingkungan Menghadapi Tantangan Global Warming, 21 Mei 2016, Bengkulu, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Proceeding)
prosiding ing 2016_0001.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh model PLH terintegrasi dalam pembelajaran tematik dengan pendekatan lingkungan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan pelestarian Biodiversz'ry siswa SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain eksperimen kuasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi: 1) model pembelajaran tematik dengan pendekatan lingkungan terdiri atas: silabus, RPP, dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) 2) lembar observasi aktivitas siswa, 3) kuesioner unfuk kesadaran kesadaran lingkungan Untuk melihat perbedaan kesadaran lingkungan siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan uji perbedaan dua rata-rata, yaitu uli Independent Sample T Test. Beberapa simpulan, yang diperoleh: 1) Ivlodel pembelajaran tematik dengan pendekatan lingkungan terintegrasi PlH/Biodiversity merupakan sebuah model pembelajaran yang holistik karena menyajikan materi dari beberapa mata pelajaran dalam rangkaian kegiatan pembelajaran yang utuh. Mata pelajaran yang paling banyak yang dapat diintegrasi PLH /Biodiversity adalah IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia. 2) Kesadaran lingkungan/Biodiversity siswa yang belajar dengan pembelajaran tematik terintegrasi PllV Biodiversity lebih baik daripada siswa yang belajar secara konvensional. Berdasarkan simpulan tersebut di atas, ada beberapa saran yang dapat diberikan, yaitu: l) Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terintegrasi PlHlBiodiversity lebih baik menggunakan sumber belajar taman sekolah atau kebun sekolah, namun jika itu tidak memungkinkan maka dapat menggunakan polybag tanaman sebagai sumber belajar. 2) Pendidikan lingkungan hiduplBiodiversity hendaknya dikembangkan lagi dalam bentuk ekstrakurikuler sehingga dapat menampung minat siswa untuk mengkaji lingkungan dan perhatian dalam pelestarian biodiversity.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 25 May 2018 02:15
Last Modified: 25 May 2018 02:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16717

Actions (login required)

View Item View Item