STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NOMOR 231/PID.B/2020/PN.SON TENTANG PUTUSAN BEBAS TINDAK PIDANA MAKAR DI PENGADILAN NEGERI SORONG

ARIEF, KURNIA ILLAHI and Sudirman, Sitepu and Herlita, Eryke (2022) STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NOMOR 231/PID.B/2020/PN.SON TENTANG PUTUSAN BEBAS TINDAK PIDANA MAKAR DI PENGADILAN NEGERI SORONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI ARIEF KURNIA ILLAHI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Suatu tindakan dapat diartikan makar jika memenuhi dua unsur yakni niat dan permulaan pelaksanaan. Niat dan permulaan yang dilakukan oleh terdakwa seperti yang dijelaskan oleh ahli, terlihat dari adanya permulaan pelaksanaan perbuatan yaitu adanya perbuatan sekelompok orang, adanya dokumen, adanya bendera, senjata api, peluru dan seragam tentara. Dalam putusan Nomor 231/Pid.B/2020/PN.Son yang mana mejelis Hakim memberikan putusan bebas terhadap terdakwa Yakobus Asem dengan berbagai pertimbangannya. Dalam putusan tersebut, majelis hakim menyatakan juga bahwa terdakwa Yakobus Asem tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana makar. Tujuan penelitian yaitu; (1). Untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim dalam memutus bebas terdakwa dalam Putusan Pengadilan Nomor 231/Pid.B/2020/PN.Son. (2). Untuk mengetahui apakah Putusan Pengadilan Nomor 231/Pid.B/2020/PN.Son ini sudah memenuhi aspek keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum. Jenis penelitian bersifat normatif, yakni mengkaji norma-norma hukum dalam putusan yang akan dikaji. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni Peraturan Perundang-Undangan,dan Pendekatan kasus. Hasil penelitian: (1). Dasar pertimbangan Hakim dalam memutus bebas terdakwa dalam Putusan Pengadilan Nomor 231/Pid.B/2020/PN.Son, bahwa berdasarkan fakta-fakta hukum yang di dapat pada persidangan terhadap dakwaan Kesatu dan dakwaan Kedua atau Dakwaan Ketiga yang diajukan oleh Penuntut Umum terhadap terdakwa tidak terbukti. (2). Putusan Pengadilan Nomor 231/Pid.B/2020/PN.Son ini belum memenuhi aspek Keadilan, Kemanfaatan, dan Kepastian Hukum, berdasarkan fakta-fakta hukum di persidangan majelis hakim memutus bebas terdakwa Yakobus Asem. Kata Kunci: Putusan Bebas, Tindak Pidana Makar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:38
Last Modified: 06 Oct 2023 03:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16718

Actions (login required)

View Item View Item