PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE NESTED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Quasi Experiment)

HALIMAH, AFIFAH NUR and Sutarno, Sutarno and Henny, Johan (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE NESTED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Quasi Experiment). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Afifah Nur Haliamah-A1M018007-SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IPA terpadu tipe Nested terhadap keterampilan berpikir, Keterampilan Sosial dan keterampilan mengorganisasi di dalam pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan dua kelas VII SMPN 13 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebagai kelas uji coba (eksperimen) dan siswa kelas VII D sebagai kelas pembanding (kontrol). Jumlah siswa yang terlibat terdiri dari 29 siswa dari kelas VII E dan 29 siswa dari kelas VIID. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal keterampilan berpikir, lembar observasi keterampilan sosial dan lembar angket evaluasi diri keterampilan sosial siswa, lembar tes keterampilan mengorganisasi, lembar angket respon siswa dan lembar obeservasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan Hasil analisis data, Hasil perhitungan keterampilan berpikir dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai signifikansi menunjukkan 0,016< 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil perhitungan diperoleh besarnya effect size pada keterampilan berpikir menunjukkan bahwa terjadi pengaruh yang sedang. Hasil perhitungan keterampilan sosial dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai signifikansi menunjukkan 0,00< 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil perhitungan diperoleh besarnya effect size pada keterampilan sosial menunjukkan bahwa terjadi pengaruh yang sedang. Hasil perhitungan keterampilan mengorganisasi dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai signifikansi menunjukkan 0,00< 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil perhitungan diperoleh besarnya effect size pada keterampilan mengorganisasi menunjukkan bahwa terjadi pengaruh yang tinggi. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran IPA terpadu tipe nested memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir, keterampilan sosial dan keterampilan mengorganisasi siswa kelas VIIE SMPN 13 Kota Bengkulu. Kata kunci : IPA, Keterampilan sosial, keterampilan berpikir, keterampilan mengorganisasi, Model Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Nested.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Unspecified > Journal
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:56
Last Modified: 06 Oct 2023 03:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16720

Actions (login required)

View Item View Item