ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PELAKU UMKM SEKTOR PERDAGANGAN DI KABUPATEN SELUMA (Studi Kasus di Kecamatan Sukaraja)

Susilo, Priyo and Barika, Barika (2017) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PELAKU UMKM SEKTOR PERDAGANGAN DI KABUPATEN SELUMA (Studi Kasus di Kecamatan Sukaraja). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

Full text not available from this repository.

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) patut diakui sebagai kekuatan strategis dalam percepatan pembangunan daerah. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami perkembangan yang cukup baik. UMKM setiap tahun mengalami peningkatan jumlah unit usaha yang cukup signifikan, dimana berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik (BPS) jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia pada tahun 2009 sebanyak 52,7 juta unit (Ismatullah, 2014). Selama periode 2011-2015 UMKM pada sektor perdadagangan di Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu merupakan sektor dengan jumlah terbesar disbanding sektor lainnya, tentu sektor ini mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan ekonomi di Provinsi Bengkulu. Kecamatn Sukaraja memiliki lokasi yang strategis karna berbatasan langsung dengan kota Bengkulu yang mana merupakan sentral dari kegiatan ekonomi di Provinsi Bengkulu dan Kecamatan Sukaraja merupakan Kecamatan dengan jumlah UMKM Sektor Perdagangan terbesr kedua di Kabupaten Seluma, memiliki letak geografis dan strategis. Meskipun Kecamatan Sukaraja menunjukkan peningkatan jumlah pelaku UMKM, tetapi masih terdapat permasalahan dengan penurunan pendapatan. Oleh karena itu kita perlu mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan pendapatan pelaku UMKM dikecamatan ini, karna dengan begitu dapat menjadi acuan dan pertimbangan untuk membuat kebijakan yang sama pada daerah lainnya di Kabupaten Seluma. Perkembangan pelaku UMKM sangat ditentukan oleh penghasilan/pendapatan yang diperoleh UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 28 May 2018 02:05
Last Modified: 28 May 2018 02:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16725

Actions (login required)

View Item View Item