IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL OF EDUCATIONAL RECONSTRUCTION UNTUK MENGUKUR PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA SMP PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

SIMANJUNTAK, MAMITHA and Euis, Nursaadah and Mellyta, Uliyandari (2022) IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL OF EDUCATIONAL RECONSTRUCTION UNTUK MENGUKUR PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA SMP PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
MAMITHA SIMANJUNTAK (NPM A1M018049).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain pre�experimental design one-group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan pada SMPN 04 Kota Bengkulu, sampel penelitian adalah kelas VII.8. Rendahnya pemahaman siswa pada pembelajaran klasifikasi makhluk hidup di kelas VII.8 SMPN 04 Kota Bengkulu, mengakibatkan siswa mengalami miskonsepsi dan menyebabkan sulitnya siswa memahami pembelajaran. Oleh sebab itu diperlukannya rekonstruksi pembelajaran menggunakan model of educational reconstruction untuk membawa konsep awal siswa yang mengalami miskonsepsi ke konsep yang baru sesuai para ahli sehingga terjadinya perubahan konseptual pada siswa. Model of educational reconstruction diadopsi dalam merancang urutan kegiatan pembelajaran untuk menjembatani konsep siswa ke konsep ilmuwan. Perubahan konseptual siswa diukur menggunakan soal four tier diagnostics test, yaitu dengan soal 4 tingkatan, dilakukan uji pretest sebelum pembelajaran dan posttest setelah pembelajaran. Perubahan konseptual siswa dikategorikan dalam 3 kategori yaitu paham, miskonsepsi dan tidak paham. Hasil pretest siswa yaitu 55.92% mengalami miskonsepsi, tidak paham konsep 23.14%, paham konsep 17.77%, hasil posttest miskonsepsi siswa turun menjadi 36,87%, tidak paham konsep 18,12%, paham konsep 46,04%. Hasil implementasi desain pembelajaran berbasis MER pada materi klasifikasi makhluk hidup dapat membawa konsepsi siswa ke konsepsi yang sesuai dengan ilmuwan dengan ditandai dengan adanya perubahan konseptual pada kategori paham materi. Kata kunci: Pembelajaran IPA, Model of educational reconstruction, Perubahan konseptual siswa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:53
Last Modified: 06 Oct 2023 06:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16727

Actions (login required)

View Item View Item