KEANEKARAGAMAN JENIS DAN POLA SEBARAN KANTONG SEMAR (Nepenthes spp) DI KAWASAN TAMAN WISATA ALAM DANAU DENDAM TAK SUDAH KOTA BENGKULU

Yunia, Kusumawati and Agus, Susatya and Erniwati, Erniwati (2020) KEANEKARAGAMAN JENIS DAN POLA SEBARAN KANTONG SEMAR (Nepenthes spp) DI KAWASAN TAMAN WISATA ALAM DANAU DENDAM TAK SUDAH KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kantong semar (Nepenthesspp) merupakan tumbuhan bawah yang mempunyai kemampuan memangsa serangga (insectivorousspecies/pitcher plan) sehingga digolongkan sebagai tumbuhan karnivora, dan ditemukan tumbuh di tanah gersang. Kantong semar banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Selain bermanfaat sebagai tanaman hias, kantong semar dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional, secara ekologis tumbuhan kantong semar berfungsi sebagai pengendali hama serangga dan berperan sebagai penyerap gas karbondioksida (CO2) dari udara. Pemanfaatan yang berlebihan oleh masyarakat dapat menimbulkan berkurangnya jumlah kantong semar di habitatnya. Taman Wisata Alam Danau Dendam Tak Sudah merupakan kawasan konservasi dimana informasi tentang keanekaragaman hayati masih perlu dilakukan,salah satunya adalah kantong semar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekayaan jenis kantong semar di Taman Wisata Alam Danau Dendam Tak Sudah. Penelitian ini dilaksanakanpada bulan Juli hingga Desember 2019 di Taman Wisata Alam Danau Dusun Besar. Penelitian ini menggunakan metode Cruising. Peletakan jalur dilakukan secara purposive berdasarkan keadaaan topografi dan kemungkinan ditemukan kantong semar. Pembuatan plot 1m x1m dilakukan apabila ditemukan kantong semar, pengukuran faktor lingkungan seperti suhu, kelembaban udara, pH tanah, dan kedalaman air dilakukan di dalam plot pengamatan. Identifikasi kantong semar menggunakan buku A Field Guide to the Nepenthes of Sumatra, Nepenthes of Sumatra and Peninsular Malaysia, Flora Malesiana series I- Seed PlantsVolume 15-2001. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 2 jenis kantong semar yaitu Nepenthes ampullariaJack dan Nepenthes mirabilis(Lour.) Druce. N. ampullaria ditemukan pada kondisi habitat pH tanah 6, suhu udara 280C, kelembaban udara 76,8% dan kedalaman air 33,5 cm. Ditemukan dengan kondisi habitat memiliki pH 6, suhu udara 290C, kelembaban 73,5%, kedalaman 47,7cm.Kepadatan individu N. ampullaria 1,22 individu/m2 , sedangkan N. mirabilis memiliki kepadatan 1 individu/m2 . Jumlah total kantong N. ampullaria lebih banyak (4.207) dari N. mirabilis (359).Sebaran dua jenis kantong semar terpisah satu dengan lainnya. N. mirabilis ditemukan di utara danau dan N. ampullaria di sebelah selatan.(Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:51
Last Modified: 06 Oct 2023 07:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16736

Actions (login required)

View Item View Item