PENGARUH PEMBERIAN BERAT PAKAN IKAN TERI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN TUKIK LEKANG (Lepidochelys Olivacea) DI KELOMPOK PELESTARI PENYU ALUN UTARA PEKIK NYARING, BENGKULU TENGAH

Febri, Irawan and Dewi, Purnama and Maya, Angraini Fajar Utami (2020) PENGARUH PEMBERIAN BERAT PAKAN IKAN TERI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN TUKIK LEKANG (Lepidochelys Olivacea) DI KELOMPOK PELESTARI PENYU ALUN UTARA PEKIK NYARING, BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (thesis)
skripsi febri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penyu merupakan hewan reptil yang hidup di laut serta mampu bermigrasi dalam jarak yang jauh di sepanjang kawasan Samudera Hindia, Samudera Pasifik dan Asia Tenggara. Keberadaannya telah lama terancam, baik oleh faktor alam maupun faktor kegiatan manusia yang membahayakan populasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pertumbuhan tukik lekang (Lepidochelys Olivacea) dengan pemberian pakan ikan teri kering pada konsentrasi yang berbeda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL). Berdasarkan hasil penelitian Pertumbuhan berat tukik lekang diperoleh pertumbuhan tertinggi terjadi pada perlakuan P1 mencapai 24,75 gram dan untuk pertumbuhan terendah pada perlakuan P3 mencapai 23,93 gram, Pertumbuhan panjang karapas diperoleh pertumbuhan tertinggi terjadi pada perlakuan P1 mencapai 4,54 cmdan pertumbuhan terendah terjadi pada perlakuan P3 mencapai 4,48 cm, Pertumbuhan lebar karapas tukik diperoleh pertumbuhan tertinggi pada perlakuan P2 mencapai 3,92 cm dan terendah pertumbuhan pada perlakuan P3 mencapai 3,83 cm, pertambahan berat mutlak tertinggi pada perlakuan P1 mencapai 52 gram, dan terendah pada perlakuan P2 mencapai 47,33 gram, pertambahan panjang mutlak tertinggi pada perlakuan P1 mencapai 1,28 cm dan terendah pada Perlakuan P3 mencapai 1,12 cm, pertumbuhan spesifik Specific Growth Rate(SGR) pada tukik lekang terbaik pada perlakuan P1 mencapai SGR tertinggi yaitu 0,36%, rasio konversi pakan pada perlakuan P3 mencapai 1,36 gram, kelulushidupan yang baik disetiap perlakuan maupun ulangan dengan interval waktu pemberian pakan sebanyak 3 kali seharididapatkan sebesar 100% selama 8 minggu, kualitas air mendapatkan nilai pH, suhu dan salinitas pada semua perlakuan didapatkan 8,3, suhu 27 - 28°C, salinitas 30 - 32‰. Kata Kunci: Tukik Lekang, Pertumbuhan, Pakan, Kualitas Air.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Marine Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:57
Last Modified: 06 Oct 2023 08:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16747

Actions (login required)

View Item View Item