PENGGABUNGAN ANTARA GUGATAN PERBUATAN MELAWAN HUKUM DENGAN WANPRESTASI DALAM SATU SURAT GUGATAN (Analisis Putusan Nomor: 4/Pdt.G/2021/PN.Mks)

DEBORA, SIMANJUNTAK and Sirman, Dahwal and Joko, Susetyanto (2022) PENGGABUNGAN ANTARA GUGATAN PERBUATAN MELAWAN HUKUM DENGAN WANPRESTASI DALAM SATU SURAT GUGATAN (Analisis Putusan Nomor: 4/Pdt.G/2021/PN.Mks). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI DEBORA SIMANJUNTAK-B1A018288.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis Putusan Perkara Nomor: 4/Pdt.G/2021/PN.Mks, dimana Penggugat menggabungkan gugatan perbuatan melawan hukum dan wanprestasi dalam satu surat gugatan dengan dilatarbelakangi oleh adanya dua pandangan hukum yang berbeda, yaitu dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor: 886 K/Pdt/2007, Majelis Hakim dalam pertimbangannya menyebutkan: “Bahwa sungguhpun dalam gugatan terdapat posita wanprestasi dan perbuatan melawan hukum, akan tetapi dengan tegas diuraikan secara terpisah, maka gugatan demikian yang berupa kumulasi obyektif dapat dibenarkan”. Sedangkan pandangan hukum dan para ahli menyebutkan bahwa: “Penggabungan gugatan perbuatan melawan hukum dengan ingkar janji tidak dapat dibenarkan dalam tertib beracara dan harus diselesaikan secara tersendiri pula.” Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kajian normatif dan menggunakan pendekatan undang-undang, pendekatan kasus dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian dalam Putusan Pengadilan Negeri Nomor: 4/Pdt.G/2021/PN.Mks menujukkan bahwa penggabungan gugatan perbuatan melawan hukum dan wanprestasi dalam satu surat gugatan dalam putusan dapat dibenarkan dalam tata tertib beracara, yaitu terdapat hubungan erat, hubungan hukum dan sepanjang arah pembuktian yang sama dan objek yang diperkarakan satu, penggabungan gugatan demikian diperbolehkan. Guna mengatasi problematika tersebut maka diperlukan adanya pengaturan mengenai permasalahan penggabungan gugatan tersebut. Kata Kunci : Gugatan Perdata, Penggabungan Gugatan, Perbuatan Melawan Hukum, Wanprestasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 06 Oct 2023 09:06
Last Modified: 06 Oct 2023 09:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16749

Actions (login required)

View Item View Item