PENYELESAIAN SENGKETA PEMBATALAN PERTUNANGAN (TERANG TANDO) MENURUT HUKUM ADAT KAUM DI DESA AIR BULUH KECAMATAN IPUH KABUPATEN MUKOMUKO

FEBRI, AL HIDAYAT and Hamdani, Maakir and Andry, Harijanto (2022) PENYELESAIAN SENGKETA PEMBATALAN PERTUNANGAN (TERANG TANDO) MENURUT HUKUM ADAT KAUM DI DESA AIR BULUH KECAMATAN IPUH KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI FEBRI AL HIDAYAT.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pertunangan (terang tando) menurut hukum adat adalah hubungan hukum yang dilakukan antara orang tua-tua pihak laki-laki dengan orang tua-tua pihak wanita untuk maksud mengikat tali perkawinan anak-anak mereka dengan jalan pertunangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan dan menggambarkan faktor-faktor melatarbelakangi terjadinya pembatalan pertunangan (terang tando) di Desa Air Buluh Kecamatan Ipuh Kabupaten MukoMuko, (2) mendeskripsikan penyelesaian sengketa adat tentang pembatalan pertunangan (terang tando) menurut hukum adat Kaum di Desa Air Buluh Kecamatan Ipuh Kabupaten MukoMuko,(3) mendeskripsikan penerapan sanksi terhadap pembatalan pertunangan (terang tando) menurut hukum adat Kaum di Desa Air Buluh Kecamatan Ipuh Kabupaten MukoMuko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian hukum empiris, dalam penelitian ini data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Kemudian data dianalisis secara yuridis kualitatif dengan cara berpikir deduktif-induktif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Faktor-faktor melatarbelakangi terjadinya pembatalan pertunangan (terang tando) di Desa Air Buluh Kecamatan Ipuh Kabupaten MukoMuko sebagian besar dilatarbelakangi oleh orang ketiga dan keluarga, (2) penyelesaian sengketa adat tentang pembatalan pertunangan (terang tando) menurut hukum adat Kaum di Desa Air Buluh Kecamatan Ipuh Kabupaten MukoMuko melalui peradilan adat yang ada di Desa Air Buluh, biasanya keluarga yang yang bersengketa melibatkan fungsionaris adat setempat seperti di Desa Air Buluh Kecamatan Ipuh Kabupaten MukoMuko yang melibatkan perangkat adat dalam menyelesaikan masalah-masalah adat yang terjadi di Desa Air Buluh, (3) penerapan sanksi terhadap pembatalan pertunangan (terang tando) menurut hukum adat Kaum di Desa Air Buluh Kecamatan Ipuh Kabupaten MukoMuko pembatalan tunangan dari pihak laki-laki maka tanda tunang (pemberian) yang telah diberikan kepada pihak wanita tidak dapat diambil lagi dan di denda dengan sejumlah uang. Kemudian jika yang melakukan pembatalan dari pihak perempuan maka harus mengembalikan pemberian yang ia terima kepada pihak laki-laki. Kata Kunci : Sengketa, Pertunangan (Terang Tando), Hukum, Adat Kaum.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 06 Oct 2023 09:16
Last Modified: 06 Oct 2023 09:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16750

Actions (login required)

View Item View Item