PENGEMBANGAN HANDOUT MATERI AJAR SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN BERBASIS PEMBELAJARAN KOKO (KONTEKSTUAL DAN KOOPERATIF)

Apriska, Herlina and Rendy, Wikrama Wardana and Sutarno, Sutarno (2022) PENGEMBANGAN HANDOUT MATERI AJAR SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN BERBASIS PEMBELAJARAN KOKO (KONTEKSTUAL DAN KOOPERATIF). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI HERLINA APRISKA (A1M018042).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan (R&D) ini bertujuan untuk menghasilkan Handout berbasis model pembelajaran kontekstual dan kooperatif (KOKO) pada materi sistem organisasi kehidupan yang layak berdasarkan validasi ahli dan uji keterbacaan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), dan tahap dissemintation (penyebarluasan). Pada tahap define dilakukan analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), analisis bahan ajar serta analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap Handout. Tahap design terdiri atas perancangan produk Handout dan perancangan instrumen angket dan lembar review yang dibutuhkan pada tahap define. Pada tahap development terdiri atas pengembangan produk bahan ajar Handout serta pengembangan instrumen untuk mengevaluasi produk serta dilakukannya. Selanjutnya tahap dissemintation yaitu tahap penyebarluasan skala terbatas kepada 20 siswa kelas VII dan 2 orang guru IPA SMPN 1 Kota Bengkulu untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap produk Handout yang telah dikembangkan. Selanjutnya membuat dan mempublikasikan artikel ilmiah pada jurnal nasional. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji keterbaacaan produk diperoleh persentase skor rata-rata pada aspek kelayakan aspek materi sebesar 87% dengan kategori sangat layak, aspek bahasa sebesar 87% dengan kategori sangat layak dan aspek media sebesar 78% dengan kategori layak. Hasil dari validasi tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 84% dengan kategori sangat layak. Hasil uji keterbacaan produk oleh siswa, diperoleh persentase skor rata-rata pada aspek tampilan sebesar 87% dengan kategori sangat layak, aspek penyajian materi sebesar 84% dengan kategori sangat layak, diperoleh persentase skor rata-rata 84% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh hasil rata-rata keseluruhan sebesar 85% dengan kategori sangat layak. Validasi dan uji keterbacaan yang telah dilakukan oleh ahli dan siswa dapat disimpulkan bahwa Handout yang dikembangkan sudah “sangat layak” untuk dilanjutkan pada tahap uji lapangan. Kata kunci : Penelitian dan Pengembangan, Handout, Pembelajaran KOKO

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Oct 2023 01:32
Last Modified: 09 Oct 2023 01:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16754

Actions (login required)

View Item View Item