PEMENUHAN HAK MASYARAKAT DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL MELALUI SISTEM E-GOVERNMENT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA BENGKULU

FIKRI, AKBAREDY and Edra, Satmaidi and Tri, Andika (2022) PEMENUHAN HAK MASYARAKAT DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL MELALUI SISTEM E-GOVERNMENT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skripsi fix 3 sudah selesai) sudah SIDANG moveterakhir kasih pak edra besok harus minta minta tidak diperbaiki lagi amin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Teknologi revolusi industri 4.0 mengharuskan seluruh sistem harus terdigitalisasi maka pemerintah melaksanakan sistem yang dinamakan e�government (elekronik government),berdasarkan peraturan perundang-undangan tata kelola pemerintahan wajib dijalankan menggunakan prinsi e-government maka berdasarkan peraturan perundang-undangan dalam Setiap perangkat daerah di wajibkan Untuk Melaksanakan e-government termasuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kota Bengkulu, Konsep e-government hadir sebagai upaya untuk memangkas birokrasi dalam pelayanan publik sehingga pelayanan menjadi cepat dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana “Pemenuhan hak masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil melalui sistem e-Government di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu dan Apa kendala yang menghambat “Pemenuhan hak masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil melalui sistem e-Government di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah hukum empiris. Hasil Dari pembahasan, pengamatan, serta penelitian maka dapatlah disimpulkan sebagai berikut :Hak masyarakat dalam konteks pelayanan administrasi kependudukan dokumen dan data kependudukan Dinas Dukcapil Kota Bengkulu memiliki Tugas Pokok dan Fungsi e-government merupakan upaya untuk menyederhanakan Birokrasi, slawe merupakan satu-satunya aplikasi di dinas Dukcapil pada pasal 4 perwal SLAWE tidak mencakup pencatatan sehingga secara hak Masyarakat tidak terlaksana secara utuh. Kendala pemenuhan hak masyarakat dalam admininstrasi kependudukan di Kota Bengkulu dibagi menjadi dua yaitu faktor hukum dan non-hukum adapun faktor hukum yaitu: SLAWE tidak mencakup pencatatan administrasi publik tidak ada mekhanisme yang mengatur perlindungan data,Non-Hukum :Aplikasi E-government hanya ada SLAWE dan Aplikasi tersebut hanya dapat diakses pada Jam kerja,Kurangnya Sumber daya Manusia ,Server Yang sering error, dan tidak adanya feedback maka dibutuhkan masih dibutuhkan perbaikan dan koreksi terhadap faktor yang menyebabkan pelayanan publik belum maksimal. Kata Kunci: Pemenuhan Hak Masyarakat,Kependudukan dan Catatan Sipi, e�government

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:24
Last Modified: 09 Oct 2023 02:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16762

Actions (login required)

View Item View Item