ANALISIS PENDAPATAN USAHA TERNAK SAPI POTONG KELOMPOK TANI SUMBER TANI MAKMUR DI DESA TANGSI DUREN KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG

Hermanto, Gultom and Sutriyono, Sutriyono and Edi, Soetrisno (2020) ANALISIS PENDAPATAN USAHA TERNAK SAPI POTONG KELOMPOK TANI SUMBER TANI MAKMUR DI DESA TANGSI DUREN KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tehsis)
SKRIPSI HERMANTO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Ternak sapi potong merupakan salah satu komoditas ternak penghasil daging terbesar dari kelompok ternak ruminansia terhadap produksi daging Nasional. Salah satu permasalahan yang dihadapi rakyat adalah produktivitas yang rendah. Usaha ternak sapi potong akan menguntungkan apabila jumlah populasi ternak sapi yang dipelihara menghasilkan pendapatan yang nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan pengeluaran selama proses pemeliharaan berlangsung. Jenis sapi potong umumnya memiliki ciri-ciri laju pertumbuhan relatif lebih cepat dibandingkan sapi perah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji besarnya pendapatan peternak pada usaha peternakan sapi potong kelompok tani Sumber Tani Makmur di Desa Tangsi Duren, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2019 menggunakan metode wawancara dan pengisian kusioner. Penelitian ini menggunakan 4 tahap yaitu survey pendahuluan, penentuan lokasi, penentuan responden, dan pengumpulan data. Data yang diperoleh ditabulasi dan disajikan dalam bentuk tabel lalu dibahas secara deskriptif. Respoden pada penelitian ini berjumlah 20 peternak dengan jumlah total populasi ternak sapi potong sebanyak 81 ekor. Hasil rata-rata pendapatan usaha ternak sapi potong yang diperoleh dari analisis yang telah dilakukan pada pendapatan usaha ternak sapi potong kelompok tani Sumber Tani Makmur di Desa Tangsi Duren Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang adalah sebesar Rp 8.317.549,-/peternak/tahun dengan nilai R/C sebesar 1,16.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:18
Last Modified: 09 Oct 2023 04:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16796

Actions (login required)

View Item View Item