TINGKAT KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH DENGAN MENGGUNAKAN SEMEN BEKU SAPI BALI PRODUKSI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH INSEMINASI BUATAN (UPTD-IB) PROVINSI BENGKULU

Leni, Widiya and Tatik, Suteky and Dwatmadji, Dwatmadji (2020) TINGKAT KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH DENGAN MENGGUNAKAN SEMEN BEKU SAPI BALI PRODUKSI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH INSEMINASI BUATAN (UPTD-IB) PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (thesis)
SKRIPSI LENI WIDIYA (E1C015018).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Inseminasi buatan merupakan teknologi reproduksi yang meliputi koleksi atau penampungan semen, proses dan pengolahan semen dan menempatkannya pada organ reproduksi betina. Keberhasilan pelaksanaan Inseminasi Buatan (IB) sangat ditentukan oleh beberapa faktor yaitu kesuburan betina, ketepatan waktu inseminasi, peternak dan yang terpenting adalah keterampilan inseminator. Tingkat keberhasilan inseminasi buatan di dapat dari Non Return Rate (NRR), service per conception (S/C), conception rate (CR) dan calving rate (CvR). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan inseminasi buatan di Kabupaten Bengkulu Tengah dengan menggunakan semen beku sapi Bali produksi Unit Pelaksana Teknis Daerah Inseminasi Buatan (UPTD-IB) Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019 sampai Januari 2020 di Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. Lokasi dipilih secara purposif (disengaja) yaitu daerah yang ada program Inseminasi Buatan (IB) dengan menggunakan semen beku sapi Bali Produksi Unit Pelaksana Teknis Daerah Inseminasi Buatan (UPTD-IB) Provinsi Bengkulu yaitu di Kabupaten Bengkulu Tengah. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Dinas Pertanian Bengkulu Tengah, dengan cara wawancara langsung kepada staf di Dinas Pertanian Bengkulu Tengah. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kepemilikan ternak betina, informasi umum inseminator di Bengkulu Tengah, Service Per Conception (S/C), Conception Rate (CR), Calving Rate (CvR), dan Non Return Rate (NRR). Data yang diperoleh ditabulasi dan disajikan dalam bentuk tabel dan dibahas secara deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tingkat keberhasilan inseminasi buatan di Kabupaten Bengkulu Tengah sudah baik dengan nilai NRR 88,2%; S/C 1,4±0,32; CR 81,8% dan CvR 75,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:22
Last Modified: 09 Oct 2023 04:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16797

Actions (login required)

View Item View Item