KAJIAN KARAKTERISTIK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa L) SEBAGAI PENGISI COKELAT BAR TERHADAP SIFAT FISIK, KIMIA, DAN ORGANOLEPTIK

Hendra, Setia Ratmoko and Yazid, Ismi Intara and Syafnil, Syafnil (2020) KAJIAN KARAKTERISTIK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa L) SEBAGAI PENGISI COKELAT BAR TERHADAP SIFAT FISIK, KIMIA, DAN ORGANOLEPTIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (THESIS)
SKRIPSI (E1G014002).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kota Bengkulu merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak tanaman ketapang, tanaman ketapang banyak ditemukan di pinggir pantai, tempat parkir dan tempat istirahat lainya. Selama ini biji ketapang kurang begitu dimanfaatkan sehingga hanya terbuang begitu saja. Biji ketapang hanya menjadi sampah organik yang tidak di manfaatkan padahal biji ketapang memiliki gizi yang tinggi. Upaya pengembangan biji ketapang salah satunya yaitu sebagai bahan tambah cokelat bar. Cokelat bar yang banyak diproduksi saat ini banyak yang menggunakan bahan pengisi kacang mente ataupun almond. Kedua bahan tersebut merupakan komoditas yang mahal dan sulit ditemukan di bengkulu. Inovasi pemanfaatan biji ketapang sebagai produk tambah pada makanan belum banyak diproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat pengaruh penambahan biji ketapang terhadap sifat fisik, protein, dan organoleptik cokelat bar dengan penambahan biji ketapang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2019 di Laboratorium Teknologi Pertanian dan Laboratorium Agronomi. Metode yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktror yaitu penambahan biji ketapang sebanyak 1 biji, 2 biji, 3 biji, dan 4 biji. Terdapat 4 perlakuan dan 3 kali pengulangan, sehingga dihasikan 12 unit percobaan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA, jika terdapat pengaruh nyata maka dilanjutkan dengan dengan uji DMRT (Duncan’s Multiple Rage Test) pada taraf 5% dengan menggunakan SPSS Statistic 24. Pengamatan dilakukan terhadap karakteristik biji ketapang (kadar air dan daya hancur), sifat fisik biji ketapang (uji kekerasan dan warna), sifat organoleptik (warna, rasa, aroma, dan tekstur), dan sifat kimia cokelat bar dengan isi biji ketapang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar air biji ketapang menunjukkan angka 10,98% dan daya hancur pada biji ketapang sangan mudah hancur dibandingkan dengan bahan pengisi cokelat lainya seperti kacang mente, almond, dan kacang tanah. Penambahan biji ketapang 1 biji, 2 biji, 3 biji, dan 4 biji berpengaruh nyata terhadap tingkat kekerasan cokelat bar tersebut, dari pengujian munsell color warna dari semua perlakuan tersebut sama yaitu cokelat gelap dengan skala 5 YR 3/2. Kandungan protein yang terdapat pada cokelat bar terbaik yaitu pada penambahan 4 biji yang memiliki kandungan protein paling tinggi dibandingkan dengan perlakuan yang lainya. Pada sifat organoleptiknya didapatkan bahwa perlakuan pnambahan biji ketapang tidak berpengaruh nyata terhadap warna, rasa, aroma dan tekstur cokelat bar dengan isi biji ketapang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:04
Last Modified: 09 Oct 2023 07:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16819

Actions (login required)

View Item View Item