PENGARUH KONSENTRASI GULA DAN JENIS PENGEMAS TERHADAP MUTU FISIK, KIMIA, DAN ORGANOLEPTIK SIRUP JERUK GERGA (Citrus nobilis Sp.) SELAMA PENYIMPANAN

Maria, Juliana and Wuri, Marsigit and Devi, Silsia (2020) PENGARUH KONSENTRASI GULA DAN JENIS PENGEMAS TERHADAP MUTU FISIK, KIMIA, DAN ORGANOLEPTIK SIRUP JERUK GERGA (Citrus nobilis Sp.) SELAMA PENYIMPANAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI Maria Juliana NF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Propinsi Bengkulu menghasilkan beberapa komoditas hortikultura lokal unggulan, salah satunya jeruk Rimau Gerga Lebong (RGL) atau lebih dikenal dengan nama jeruk RGL. Jeruk RGL dikatakan unggul karena mempunyai keunggulan kompetitif, akan tetapi daya simpan jeruk ini cukup rentan dan untuk mengatasi permasalahan pengembangan jeruk RGL, dilakukan pengkajian pengolahan buah jeruk RGL yaitu sirup. Sirup didefinisikan sebagai produk minuman yang dibuat dari campuran air dan gula dengan kadar larutan gula minimal 65 % atau tanpa bahan pangan lain atau bahan tambahan pangan yang diijinkan sesuai ketentuan yang berlaku. Adapun tujuan penelitian ini yaitu menentukan pengaruh konsentrasi gula dan jenis pengemas terhadap mutu fisik, dan kimia selama penyimpanan dan mutu organoleptik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Rancangan Acak Kelompok dengan 2 faktor yaitu sari buah jeruk gerga dengan konsentrasi larutan gula (1 L : 0,5 kg, 1 L : 1 kg dan 1 L : 1,5 kg) dan sirup jeruk gerga dengan kemasan (kemasan PET (K1) dan botol kaca (K2) ) selama penyimpanan (Minggu 1, 2, 3 dan 4) dengan parameter uji fisik meliputi viskositas (kekentalan), warna, dan kadar air. Uji kimia meliputi vitamin C, kadar abu, dan kadar gula sedangkan uji organoleptik meliputi rasa, aroma, warna, tekstur dan penerimaan keseluruhan (Over All). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan gula dan penggunaan jenis kemasan sirup jeruk RGL selama penyimpanan terhadap mutu fisik kekentalan (viskositas) berpengaruh nyata, kadar air terendah dengan nilai 31,33 % pada minggu ke-4, warna sirup jeruk RGL selama penyimpanan yang paling cerah terdapat pada minggu ke-4 dengan nilai 7,5YR 7/12, dan untuk kandungan kimia kadar gula dengan nilai 65 %, kandungan Vitamin C tertinggi dengan penambahan gula 0,5 kg yaitu 10,56 Mg/100g, kandungan kadar abu terendah 1,17 % dan selama oganoleptik terhadap panelis sirup jeruk RGL berpengaruh nyata terhadap warna, dan berpengaruh tidak nyata terhadap aroma, rasa, tekstur dan overall (keseluruhan)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:17
Last Modified: 09 Oct 2023 07:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16823

Actions (login required)

View Item View Item