PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK DAUN GAHARU (Gyrinops versteegii) UNTUK MENCEGAH PENURUNAN MUTU FISIK DAN KIMIA NIRA AREN (Arenga pinnata MERR)

Saridame, Kabeakan and Laili, Susanti and Wuri, Marsigit (2020) PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK DAUN GAHARU (Gyrinops versteegii) UNTUK MENCEGAH PENURUNAN MUTU FISIK DAN KIMIA NIRA AREN (Arenga pinnata MERR). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (thesis)
SKRIPSI SARIDAME KABEAKAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Nira aren merupakan bahan baku untuk produksi gula, alkohol dan minuman segar yang berasal dari tangkai bunga jantan. Mutu nira sangat berpengaruh dalam menentukan mutu ketiga produk ini. Dalam keadaan segar nira berasa manis, berbau khas nira dan jernih. Nira aren mengandung beberapa zat gizi antara lain karbohidrat, protein, lemak dan mineral. Kandungan gula yang terdapat pada nira menyebabkan mikroorganisme dapat tumbuh dengan mudah sehingga menyebabkan nira dapat terfermentasi menghasilkan alkohol dan lama-kelamaan menjadi asam. Jika telah menjadi alkohol dan asam maka nira tidak bisa diproduksi menjadi minuman segar maupun gula merah karena akan menghasilkan produk dengan kualitas rendah, sehingga nilai jualnya akan menjadi rendah. Usaha untuk memperpanjang umur nira bisa dilakukan dengan menambahkan pengawet ke dalam nira seperti serbuk daun gaharu. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penambahan serbuk daun gaharu terhadap mutu fisik (viskositas, kadar air dan warna ) dan mutu kimia (derajat keasaman (pH) dan kadar gula). Rancangan percobaan pada penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yaitu penambahan serbuk daun gaharu dengan 4 taraf perlakuan dan tiga kali ulangan dengan ulangan sebagai kelompok. Penambahan serbuk daun gaharu (P) dengan 4 perlakuan yang terdiri dari P0 (tanpa penambahan sebuk daun gaharu) ,P1 (penambahan serbuk daun gaharu 2 %),), P2 (penambahan serbuk daun gaharu 4 %), dan P3 (penambahan serbuk daun gaharu 6 %). Pengamatan akan dilakukan pada jam ke 0, 2, 4, 6 dan 8. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara statistik menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) agar diketahui pengaruh antar perlakuan pada program aplikasi SPSS 23 dengan tingkat signifikansi 5%, kemudian apabila terdapat pengaruh nyata antar perlakuan dilanjutkan dengan analisis Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada tingkat signifikansi yang sama. Penambahan berbagai konsentrasi serbuk daun gaharu terhadap viskositas nira aren memberikan pengaruh berbeda nyata namun pada kadar air memberikan pengaruh berbeda tidak nyata. Untuk warna nira aren didapatkan hasil yaitu semakin banyak konsentrasi serbuk daun gaharu maka warna nira aren lebih gelap. Penambahan serbuk daun gaharu terhadap derajat keasaman (pH) dan kadar gula (OBrix) nira aren memberikan pengaruh berbeda iii iv nyata. Hasil uji lanjut DMRT derajat keasaman (pH) dan kadar gula (OBrix) nira aren menunjukkan adanya perbedaan yang nyata tiap perlakuan pada jam ke 2, 4 dan 8.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:56
Last Modified: 09 Oct 2023 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16831

Actions (login required)

View Item View Item