PENGARUH PRETREATMENT DAN VARIASI KOSENTRASI INOKULUM SACCHAROMYCES CEREVISIAE PADA PEMBUATAN BIOETANOL DARI NIRA AREN(Arenga pinnata Merr) DENGAN MENGGUNAKAN RAGI TAPE

Titi, Wulan Sari and Budiyanto, Budiyanto and Hasanuddin, Hasanuddin (2020) PENGARUH PRETREATMENT DAN VARIASI KOSENTRASI INOKULUM SACCHAROMYCES CEREVISIAE PADA PEMBUATAN BIOETANOL DARI NIRA AREN(Arenga pinnata Merr) DENGAN MENGGUNAKAN RAGI TAPE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (thesis)
Skripsi(Titi).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Bioetanol merupakan salah satu biofuel yang hadir sebagai bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan dan sifatnya yang terbarukan. Bioetanol atau etil alkohol (C2H5OH). Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 5 tahun 2006 menyatakan bahwa bioetanol bisa dijadikan sebagai energi alternatif dengan syarat bahan baku utama pembuatan bioetanol dengan proses fermentasi pada dasarnya berasal dari tanaman yang mengandung glukosa, pati dan lignoselulosa yang bersifat berkelanjutan serta menggunakan teknologi yang sederhana sehingga mudah diterapkan di masyarakat misalnya nira aren (Arenga pinnata Merr). Aren merupakan salah satu jenis tanaman palma yang banyak tumbuh di Indonesia. Kandungan yang ada pada nira aren yaitu sukrosa 10-13 %, glukosa 0,4-0,5 %, fruktosa 0,5-0,6 % serta gula 11-14 %. Nira aren mudah mengalami kerusakan oleh sebab itu perlu dilakukan pretreatment pemanasan. Kandungan gula yang cukup tinggi maka dapat mempersingkat waktu fermentasi. Proses fermentasi dapat dipengaruhi oleh sumber nutrisi yaitu penambahan inokulum. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh perlakuan pretreatment pemanasan dan penambahan inokulum terhadap kualitas bioetanol dari nira aren (Arenga pinnata Merr). Bahan utama pada penelitian ini yaitu nira aren, Saccaromyces cereviceae dan bahan kimia yang digunakan untuk analisis. Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan acak lengkap (RAL) 2 faktorial yaitu pretreatment (pemanasan dan tanpa pemanasan) dan variasi konsentrasi inokulum (15 %, 20 %, dan 25 %) dengan masing�masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Kontrol yang diamati kadar etanol, kadar gula, dan keasaman sebagai asam asetat. Data yang didapat dianalisis dengan metode ANOVA dan Uji DMRT menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa kombinasi perlakuan pretreatmen pemanasan dan pemanasan dengan penambahan inokulum 15%, 20% dan 25% memberikan pengaruh nyata terhadap kadar etanol tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kadar gula,dan kadar total asam total. Hasil terbaik pada penelitian ini terdapat pada perlakuan pemanasan dan penambahan inokulum 25% dengan kadar etanol 11.66%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:07
Last Modified: 09 Oct 2023 08:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16833

Actions (login required)

View Item View Item