PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL PADA JERUK KALAMANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 11 KOTA BENGKULU

ARTANIA, RIFA and Indra, Sakti Lubis and Henny, Johan (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL PADA JERUK KALAMANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RIFA ARTANIA kaset.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran IPA berbasis STEM terintegrasi kearifan lokal pada jeruk kalamansi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di dua kelas VIII SMPN 11 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas diperoleh siswa kelas VIII H sebagai kelas uji coba (eksperimen) dan siswa kelas VIII G sebagai kelas pembanding (kontrol). Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 18 siswa dari kelas VIII G dan 18 siswa dari kelas VIII H. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk hasil belajar IPA. Hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara siswa yang menggunakan model project based learning (PjBL)dengan model discovery learning, yaitu hasil uji-t pada thitung sebesar 1.59 kurang dari ttabel sebesar 2.120. Sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil ini juga memperkuat bahwa kedua kelas homogen, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas mempunyai kemampuan yang sama. Kata kunci : PjBL, STEM, kalamansi, siswa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:39
Last Modified: 10 Oct 2023 04:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16866

Actions (login required)

View Item View Item